Kabar Gembira, Mulai 1 Juni 2025 SIM Indonesia Bisa Digunakan di 8 Negara Ini

SIM Indonesia

JAKARTA, AmiaRiau.com – Mabes Polri mengumumkan aturan baru terkait penggunaan surat izin mengemudi (SIM) Indonesia di luar negeri. Mulai 1 Juni 2025 SIM Indonesia juga berlaku di sejumlah negara Asia Tenggara.

Merujuk informasi resmi yang ditayangkan akun instagram traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan penerapan NIK sebagai nomor SIM menjadi langkah maju pengakuan SIM Indonesia di negara ASEAN.

Ia menyebut kebijakan ini menandai langkah maju dalam integrasi dokumen legalitas berkendara dengan dokumen negara lain seperti NPWP, BPJS dan KTP.

“Dengan kebijakan ini, warga yang berkendara di negara ASEAN tetap dapat menggunakan SIM Indonesia, tanpa keharusan memiliki SIM Internasional,” tulis TMC seperti dikutip Kamis (20/6/2024).

Ketentuan baru ini merupakan tindak lanjut atas “Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Issued” yang diterbitkan oleh negara ASEAN pada 7 September 1985 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ketentuan ini mengatur syarat setiap warga yang berkendara di luar negeri tetap bisa menggunakan SIM Indonesia (SIM domestik) tanpa wajib membuat SIM Internasional.

Berikut 8 negara yang bisa menggunakan SIM Indonesia :

1. Brunei Darussalam
2. Laos
3. Malaysia
4. Myanmar
5. Filipina
6. Singapura
7. Thailand
8. Kamboja

Jenis SIM yang berlaku: SIM A dan SIM C.
Masa berlaku: SIM Indonesia Anda harus masih berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal masuk ke negara ASEAN yang dituju.

Prosedur penggunaan:
Anda tidak perlu menukar SIM Indonesia Anda dengan SIM internasional.
Bawalah SIM Indonesia Anda yang asli dan paspor yang masih berlaku.
Patuhi peraturan lalu lintas di negara yang Anda kunjungi.***

Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar