Kabar Gembira, Lima PT Ternama Terima Lulusan SMU Tanpa Tes

0

ROHUL,AMIRARIAU.COM – Beberapa Perguruan Tinggi (PT) ternama di Indonesia membuka terima langsung tanpa tes, lulusan SLTA yang hafal Alquran.

Informasi itu disampaikan Bupati Rohul Achmad, bagi tamatan SLTA yang hafal 30 juz ayat Alquran, bisa diterima langsung kuliah tanpa tes di lima PT, seperti Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Achmad akui, adanya peluang itu, siswa SLTA sederajat di Kabupaten Rohul yang mengikuti UN tahun ini bisa memanfaatkan kesempatan yang telah diprogramkan lima PT ternama di Indonesia.

“Syaratnya, lulusan SLTA sederajat harus hafal 30 juz ayat Alquran,” kata Bupati Achmad kepada wartawan, Kamis (2/4/2015).

Bupati menyarankan, bagi lulusan SLTA sederajat di Rohul yang benar-benar ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bisa manfaatkan jalur tersebut. Termasuk bagi lulusan SLTA dari keluarga kurang mampu.

“Pemerintah Daerah akan fasilitasi lulusan SLTA agar bisa kuliah di lima perguruan tinggi ternama itu,” jelasnya.

Selain masuk tanpa test, Bupati Achmad mengatakan, penghafal Alquran juga bisa memilih jurusan yang diinginkan di lima PT ternama. Baik kedokteran, atau jurusan lainnya.

Lima universitas ternama, ungkap Bupati Achmad, beralasan lebih mengutamakan penghafal Alquran, karena sudah sangat langka mencari lulusan SLTA yang mampu menghafal 30 juz ayat Alquran. Penghafal Alquran dinilai mempunyai kecerdasan lebih, dan memiliki nilai akademik yang baik.

“Tidak sia-sia program keagamaan yang sudah diterapkan Pemkab Rohul tiga tahun lalu, seperti program Gerakan Menghafal Alquran dan Maghrib Mengaji, termasuk mendirikan Sekolah Tahfiz. Program ini sambung menyambung dan sangat besar manfaatnya bagi generasi muda,” ujarnya.

Dalam penerapan Program Keagamaan, Bupati Achmad mengakui Pemkab Rohul berkomitmen akan memperhatikan para penghafal Alquran dan bidang keagamaan. Sehingga, Rohul yang telah dijuluki Negeri Seribu Suluk benar-benar menjadi daerah yang melahirkan banyak tahfiz dan tahfizah di Provinsi Riau. (Adv/Hum/Yus)

 18 total views,  1 views today