Jokowi Diberi Gelar Adat Datuk Seri Setia Amanah Negara

Pekanbaru, AmiraRiau.Com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali menerima gelar adat. Kali ini Kepala Negara bakal dianugrahkan gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara oleh masyarakat adat Riau.

Jokowi telah tiba di Bumi Lancang Kuning pada hari ini, Sabtu (15/12/2018). Ia pun ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk menerima gelar tersebut.

Gelar ini diberikan kepada Jokowi atas jasanya yang berhasil mengatasi persoalan kebakaran hutan di Riau. Selain itu, Jokowi juga dinilai masyarakat adat Melayu Riau berhasil mengembalikan Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Pertimbangan lainnya, Jokowi menerima gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara karena penerbitan Inpres Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penataan Kembali Perkebunan Kelapa Sawit. Sehingga sekira 2 juta hektare lahan kebun kelapa sawit di Riau dikelola masyarakat adat bersama pengusaha setempat.

Gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara memiliki arti seorang yang besar, petinggi, serta datuk yang berseri-seri dan bercahaya.

Dalam kunjungannya ke Riau, Jokowi juga dijadwalkan akan menyerahkan sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Rumah Dinas Gubernur Riau dan bersilaturahmi dengan santri serta ulama di Pondok Pesantren Al Kautsar.

Kemudian, sebagaimana dilansir okezone.com, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan menghadiri kirab budaya di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru. Selanjutnya, rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi. (e2)

(sumber foto: ozc)

Previous Airlangga Minta Fungsionaris Golkar Panaskan Mesin Jaga Suara di Riau
Next Baliho SBY di Pekanbaru Disobek-sobek dan Dibuang ke Parit

About author