Jelang Bulan Suci Ramadhan, Dinas Sosial Pekanbaru Razia Gelandangan dan Pengemis

Dinas Sosial Kota Pekanbaru menertibkan gelandangan dan pengemis (Gepeng)

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, terus melakukan penertiban gelandangan dan pengemis (Gepeng). Tim Satgas dari Dinsos Pekanbaru tetap melaksanakan kegiatan penertiban setiap hari jelang bulan suci Ramadhan ini.

Mereka menyasar persimpangan lampu merah dan wilayah rawan gepeng. Gepeng terlihat ada di sejumlah persimpangan lampu merah di beberapa ruas jalan protokol.

Mereka meminta belas kasih para pengendara yang melintas. Ada yang memiliki modus berjualan tisu hingga menjadi pengamen.

“Kami rutin melaksanakan razia, baik di lampu merah maupun persimpangan,” kata Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus, Jumat (1/3/2024).

Apalagi jelang masuknya bulan suci Ramadhan biasanya gepeng mulai menjamur di sejumlah lokasi. Mereka ada yang datang dari sejumlah daerah diluar Kota Pekanbaru.

Idrus menyebut, penertiban tidak hanya dilakukan oleh Satgas Dinsos Pekanbaru saja. Namun, dalam beberapa waktu juga melibatkan instansi terkait lainnya seperti Satpol PP.

“Pada waktu tertentu kami juga menggelar razia gabungan bersama Satpol PP. Biasanya mereka sering berada di persimpangan lampu merah,” jelasnya.

“Kalau yang kita dapati itu orang luar, khusus kabupaten tetangga kita antar pulang. Tapi kalau mereka dari luar provinsi kita serahkan ke dinas sosial provinsi yang ngantar. Tapi kalau KTP Pekanbaru, inilah yang kita lakukan assesment dan kita lakukan pembinaan,” tutupnya.***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar