Jalur Riau – Sumbar Via Lintas Barat Putus, Eh Jalur Kiliran Jao Juga Longsor

0
Banjir di Bukit Betabuh. Photo : Kuansingterkini

Teluk Kuantan, AmiraRiau.Com – Pada saat jalur lalu lintas Pekanbaru – Sumbar via lintas barat terhambat akibat banjir dan longsor di daerah Pangkalan, Kab. 50 Kota, jalur lintas Kiliran Jao – Teluk Kuantan, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau juga longsor.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kuansing, Azwan, Jumat (3/3/2017) menjelaskan kepada media, bahwa memang ada laporan terkait longsor di jalur lintas Kiliran Jao – Teluk Kuantan.

“Ya ada laporan masuk dari staf terjadi jalan longsor dikawasan Bukit Betabuh kecamatan Kuantan Mudik. Staf sudah dikerahkan ke lapangan meninjau dan melakukan upaya rencana penanganan,” ungkap Azwan.

Azwan menambahkah jalur Kiliran Jao – Teluk Kuantan merupakan ruas jalan nasional. Selama ini ruas jalan tersebut menjadi jalur alternatif pengendara dari Pekanbaru – Sumbar dan sebaliknya jika terjadi masalah di jalan ruas Pekanbaru – Sumbar via Kampar.

“Kita akan koordinasi dengan provinsi dan balai jalan nasional di Padang untuk mengatasinya secepatnya, mudah – mudahan tidak menghambat arus lalulintas,” tambah Azwan.

Azwan juga mengatakan bahwa ruas jalan yang longsor tersebut berada ditebing jalan didekat sungai yang ada dikawasan jalan tersebut. Di lokasi ini longsor sudah mencapai bibir aspal. Jika volume hujan turun bertambah deras bisa saja sampai membuat aspal ambruk ke dalam sungai. Tidak tinggal diam, saat ini polisi setempat berusaha mengatur arus lalulintas untuk satu arah, jadi harus sistem buka tutup. Di kawasan ini bukan satu titik longsor saja, tapi ada satu lagi titik longsor, jadi dua titik longsor dikawasan itu.

“Pengendara harus ekstra hati-hati,” jelasnya. (kuansingterkini/ AP)

 10 total views,  1 views today