Jalin Silaturahmi, Pimpinan dan Anggota DPRD Bengkalis Berbaur dengan Masyarakat

0

SEBAGAIMANA yang sudah menjadi tradisi yang rutin diselenggarakan setiap tahun, memasuki bulan Syawal setelah menjalani puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H tentunya menjadi momen untuk saling bersilaturahmi.
Bertempat di halaman kantor Bupati Bengkalis pada Rabu (04/07) acara halal bi halal di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bengkalis berlangsung khidmat dan penuh suasana kekeluargaan.

Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis yang di wakili oleh Indra Gunawan Eet berserta anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Syaukani dan Abi Bahrun pada perhelatan tersebut.

Dibuka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE. MM, acara ini pun diramaikan pula dengan beberapa tokoh masyarakat, alim ulama, LSM, seluruh pejabat dan ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis, bahkan mantan Bupati Kabupaten Bengkalis M. Adzali Djohan, H. Fadlah Sulaiman, dan H. Syamsurizal.

Dalam kesempatan ini pula, Eet turut menyampaikan salam idul fitri dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dengan harapan agar tetap menjaga tali silaturahmi. “Apalagi kita baru menggelar pesta demokrasi, berbeda pandangan dan pilihan menjadi hal yang biasa di tengah-tengah masyarakat, namun perbedaan tersebut tidak menjadikan kita terpecah belah, justru ukhwah menjadi lebih kuat dengan diadakannya acara halal bihalal ini, dan semoga pemimpin yang terpilih bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi” ujar eet.

Di akhir sambutannya, Eet mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus bergandeng tangan demi kesejahteraan negeri. “Saya mengajak kita semua untuk terus bergandeng tangan baik antara Pemerintah dengan masyarakat, antara lembaga formal dengan non formal, antara kelompok masyarakat, dan antara wilayah satu dengan yang lainnya, demi kemajuan Kabupaten Bengkalis. Jika kita selalu bergandeng tangan untuk kebaikan insyaallah negeri ini akan menjadi sebuah negeri yang kuat, negeri yang bermartabat, maju dan sejahtera”.

Pada sambutannya, Bupati Bengkalis ikut mengucapkan minal aidin walfaidzin kepada seluruh masyarakat dan mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bengkalis yang akan digelar pada akhir bulan Juli ini.

Juga dalam rangka mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1349 H Wakil Ketua II DPRD Kab. Bengkalis Zulhelmi gelar Open House di kediaman dinasnya di Jalan pembangunan II Kab. Bengkalis, Minggu (24/07/2018).

Masyarakat berbagai kalangan berbondong-bondong mendatangi kediaman beliau untuk bersilaturahmi. Disana mere maka disuguhi dengan berbagai hidangan yang telah dipersiapkan untuk menjamu selera.

Wakil Ketua II DPRD Kab. Bengkalis juga terlihat membaur bersama masyarakat didampingi Sang Istri Menyambut satu per satu kedatangan para tamu. “Open House ini seperti sudah menjadi tradisi, tidak hanya di Kab.Bengkalis, bahkan mungkin di Indonesia. Ajang Open House ini harus terus dipertahankan,”Ujar Zulhelmi.
Pada kesempatan tersebut Ia juga mengucapkan Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada semua tamu yang hadir, beliau berharap dengan adanya Open House
Di bulan Syawal ini bisa semakin mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar sesama masyarakat di Kab.Bengkalis.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Abdul Kadir gelar Open House di kediaman dinasnya di Jalan Antara No. 2 Bengkalis. Open house ini berlangsung selama dua hari, sejak jumat (17/07/2018).

Jamuan Open House ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Agenda yang dilakukan tiap tahunnya oleh ketua wakil rakyat tersebut disambut antusias oleh masyarakat, anak-anak hingga dewasa datang berbondong-bondong mendatangi kediaman beliau.

Tampak Ketua DPRD didampingi istri membaur bersama masyarakat dan menyambut tamu yang hadir satu persatu. Ketua DPRD pun terlihat sibuk berpindah dari meja satu ke meja yang lainnya untuk sekedar menyapa dan bercengkrama dengan tamu yang datang silih berganti.

Di hari pertama, hadir Ketua LAMR Bengkalis, Kabag Umum dan Kabag Humas Setwan, Ketua Aliansi Jurnalistik Online Indonesia Kabupaten Bengkalis dan sejumlah tokoh masyarakat.

Tak ketinggalan selain masyarakat yang beragama muslim, ratusan masyarakat etnis Tionghoa asal Bengkalis juga turut memeriahkan suasana dilokasi sebagai bentuk toleransi beragama. Open House tersebut dilanjutkan hari ini dimulai dari pagi hingga malam hari nanti.

Sebelumnya, seperti dikutip dari website resmi DPRD Bengkalis, Ketua bersama anggota DPRD Kabupaten Bengkalis gelar buka bersama seluruh staf Sekretariat DPRD Kab. Bengkalis, tokoh masyarakat, beserta anak-anak yatim dari panti asuhan Dayang Dharma, pada Rabu (06/06/2018).

Momen penuh nuansa islami tersebut tak lain sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara seluruh jajaran dewan bersama staf di lingkungan Sekretariat DPRD Kab. Bengkalis.

Acara tersebut dibuka oleh kata sambutan dari Sekretaris DPRD Kab. Bengkalis Bpk. Radius Akima. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa di momen bulan puasa ini adalah momen yang tepat untuk saling bersilaturahmi dan saling memaafkan antar sesama. Kemudian beliau juga mengapresiasi Ketua dan seluruh anggota dewan yang telah memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan pemberian minuman kepada Tenaga honorer di Sekretariat DPRD Kab. Bengkalis.

Selanjutnya Ketua DPRD Kab. Bengkalis memberikan sambutan mewakili seluruh anggota dewan yang hadir. Dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan “acara yang insyaallah diadakan setiap tahun ini diharapkan mampu memupuk kebersamaan kita, dan mari kita jadikan momentum bulan ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjaga kerukunan antar sesama”ujar beliau.

Kemudian acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu dari panti asuhan dayang dermah dalam bentuk bingkisan, kemudian pemberian cenderamata kepada pengurus LAM dan Rumah Ibadah yang saat itu diwakili oleh Ustadz H. Ali Ambar, serta penyerahan minuman secara simbolis kepada tenaga honorer Sekretariat DPRD Kab. Bengkalis.

Sementara itu, acara juga diisi oleh tausiyah singkat oleh Ustadz H. Ali Ambar yang saat itu menjelaskan tentang pentingnya menyantuni anak yatim sekaligus membacakan doa.

Setelah sholat maghrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan diakhiri dengan salam-salaman antara Ketua dan para anggota dewan beserta seluruh staf dan tamu undangan yang hadir.

Tak ketinggalan, Wakil Ketua II DPRD Kab.Bengkalis Bpk. Zulhelmi, gelar buka bersama dengan masyarakat setempat di Rumah Dinas yang beralamat di jalan Pembangunan pada Jumat (01/06/2018). Buka bersama tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama masyarakat di Bengkalis.

Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Bpk. Zulhelmi. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran masyarakat di acara tersebut. Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua II DPRD Kab. Bengkalis ini berharap dengan adanya kegiatan buka puasa bersama ini akan dapat meningkatkan silaturahmi, sekaligus meningkatkan komunikasi diantara beliau dengan masyarakat.

“Alhamdulillah di bulan suci Ramadhan ini kita bisa berkumpul bersama, semoga dengan acara ini kita bisa saling mempererat tali silaturahmi dan saling memaafkan antara satu sama lain” ujar beliau. Zulhelmi juga mengharapkan agar di momen bulan Ramadhan yang suci ini dijadikan ajang untuk saling berlomba-lomba dalam mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT.

Sementara dalam tausiyah yang disampaikan Ustadz Filusman, Lc momentum bulan suci Ramadan ini dijadikan sebagai momentum membersihkan jiwa dari hal-hal yang tidak terpuji atau hal -hal yang dilarang dalam agama islam. Maka dengan begitu umat islam dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, beliau juga menjelaskan keistimewaan serta kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Usai tausiyah tersebut, acara dilanjutkan dengan buka bersama. Wakil Ketua II DPRD Kab. Bengkalis bersama masyarakat menikmati hidangan yang disediakan dengan hikmat.
Bertempat dirumah Dinas di Jalan pembangunan III, Wakil Ketua III DPRD Kab. Bengkalis, Bpk. Kaderismanto gelar buka bersama pada Selasa, (29/05/2018). Acara di buka dengan sambutan oleh Bpk. Kaderismanto dan dilanjutkan tausiah singkat oleh ketua NU MASDARUDIN. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun silaturahmi bersama masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRD Kab. Bengkalis ini mengatakan ” insyAllah, kegiatan ini akan meningkatkan silaturahmi kita antar umat bermasyarakat, dan semoga di momen Ramadhan ini juga menjadi ajang introspeksi diri bagi kita yang menjalankan ibadah puasa untuk mempertebal iman dan ketaqwaan kepada Allah serta menjaga kerukunan antar umat beragama”, ungkap Kaderismanto yang dalam sambutannya tidak menyampaikan banyak hal karena mengingat waktu yang sangat singkat.

Setelah sambutan tersebut, dilanjutkan dengan ceramah singkat oleh Ketua NU Kab. Bengkalis Bpk. Masdarudin yang dalam ceramahnya mengisahkan tentang sejarah berpuasa bagi umat Islam dan sejarah berpuasa orang Indonesia terdahulu. (Adv/Hms/e2)