Jalan Putus di Rohul, Pemprov Riau Bangun Jembatan Sementara di Desa Rokan Koto Ruang

Jalan longsor di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR PKPP) Provinsi Riau, akan membangun jembatan sementara untuk mengatasi jalan longsor di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Jembatan yang dibangun tersebut adalah jembatan sementara bayley menggunakan plat baja dan kayu.

Kepala Dinas PUPR PKPP Riau M Arief mengatakan, pembangunan jembatan sementara tersebut agar masyarakat tetap bisa melintas. Pasalnya, jalan yang longsor tersebut berada di daerah perbukitan dan dalam longsornya mencapai 70 hingga 100 meter.

“Untuk sementara kami akan buat jembatan bayley di lokasi jalan longsor tersebut. Karena kalau untuk penimbunan, material longsor cukup dalam yakni berkisar 70 hingga 100 meter,” katanya, Kamis (22/2/2024).

Lebih lanjut dikatakanya, begitu mendapatkan informasi ada jalan yang longsor tersebut, pihaknya bersama UPT langsung menurunkan alat berat ke lokasi. Namun, saat dalam perjalanan, tim justru kembali menemukan jalan longsor yang menutup badan jalan.

“Jadi ketika akan menuju ke lokasi, tim menemukan ada jalan longsor. Sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu baru tim bisa mencapai lokasi jalan longsor yang memutus badan jalan tersebut,” ujarnya.

Untuk penanganan lanjutan pada jalan tersebut, pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut. Karena untuk penanganan jalan tersebut, pihaknya sedang mengajukan anggaran melalui dana Biaya Tak Terduga (BTT).

“Kami sedang mengajukan untuk perbaikan jalan itu menggunakan dana BTT. Namun untuk menggunakan dana BTT ini tentu ada prosesnya,” jelasnya.***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar