ISPU di Siak 400, Kadiskes: Segera Evakuasi Ibu Hamil dan Balita

0

SIAK, AMIRARIAU.COM-Kepala Dinas Kesehatan Tony Chandra melaporkan kalau angka ISPU sudah mencapai 400 agar segera di lakukan evakuasi terutama ibu ibu hamil dan balita. ”Selain itu lanjutnya petugas kami melakukan sweping kerumah penduduk untuk melihat langsung warga yang sakit atau tida,” katanya.

Kadis Kesehatan mengatakan hal itu saat menghadiri rapat persiapan evakuasi korban asap di Kabupaten Siak diruang Pucuk Rebung, Senin (26/10). Kegiatan itu diikuti Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Siak, Danramil Siak Mayor Kav. Suharman, mewakili Dandim 030.

”Sudah sampai 350.000 masker yang sudah kita bagikan, selain itu perlu juga penyediaan air bersih untuk konsumsi rumah tangga,” jelas Tony Chandra.

Data ISPA Kabupaten Siak dari bulan Juli sampai dengan Oktober 2015; Batuk pilek sebanyank 8418, ISPA sebanyak 334, Asma sebanyak 525, Iritasi kulit sebanyak 1181 dan iritasi mata sebanyak 412 orang.

Lokasi tempat penampungan korban asap di masing-masing kecamatan dalam wilayah kabupaten Siak; kecamatan Siak di gedung Mahratu, Asrama haji, mess Pemda, Siak Sport Hall, Aula kantor Camat, Gedung serba guna kantor lurah kampong dalam, Gedung serba guna kantor lurah kampong rempak, fasilitas yang tersedia AC, Karpet TV, daya tamping 1500 orang, alat kesehatan dan tenga medis.

Kecamatan Mempura di Gedung serba guna kantor camat Mempura, aula kantor Bupati Siak dan Puskesmas kecamatan Mempura, daya tampung 1100 orang dengan peralatan yang sama. Begitu seterusnya de kecamatan lainnya dengan kapasitas orang yang berbeda. (*)