Ini Saran Legislator Riau Terkait Jalan Lintas Timur Sumatera yang Sering Banjir dan Longsor

Pekanbaru, AmiraRiau.Com-Komisi IV DPRD Riau mendesak pihak Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi (P2JN) cepat tanggap untuk menanggulangi Jalan Lintas Timur Sumatera di wilayah Kabupaten Pelalawan yang rusak tergenang banjir.

Anggota Komisi IV, Asri Auzar mengatakan, bahwa sebagian besar jalan lintas merupakan jalan nasional yang ditanggulangi oleh APBN. Pada musim penghujan seperti saat ini kondisi jalan lintas terkadang mengalami longsor dan banjir.

“Sudah beberapa hari belakangan jalan itu nyaris lumpuh. Kondisi ini terjadi karena ruas jalan tersebut kini tengah terendam banjir sepanjang 8 km, ketinggian banjir di lokasi ini bervariasi dari 30 cm hingga 60 cm sentimeter,” jelas Asri kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (26/12/2018).

Sehubungan jalan nasional yang terendam air itu, pihak Komisi IV DPRD Riau yang membidangi infrastruktur
mengimbau instansi terkait seperti BPBD Kementerian PUPR saling berkonsultasi, dan berembuk untuk mengatasi banjir di jalan lintas Sumatera.

“Kita minta Kementerian PUPR melalui satker P2JN tanggap untuk menanggulanginya,” tambahnya.

Pasalnya, satker tersebut lah yang bertugas merawat jalan nasional di Riau. Karena itu, Komisi IV akan memanggilnya untuk meminta langkah perbaikan jalan.

Politisi Demokrat tersebut mengakui, jalan yang terendam sangat penting bagi masyarakat. Karena merupakan akses ekonomi dan distribusi bahan pokok masyarakat.

Meskipun begitu, menurutnya, Pemerintah Daerah juga harus memiliki solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir ini dengan berkoordinasi bersama instansi terkait. (e2)

Asri Auzar. (f: int)

Previous Buruan Lamar! Adhi Karya Buka Lowongan Buat yang Baru Lulus
Next Jambret Ibu-ibu di Pekanbaru, Mantan Anggota Polisi Dibekuk Warga

About author