Ingin Sehat ? Cobain Daun Binahong

0

DAUN Binahong atau banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan Gondola. Sebenarnya banyak sekali sebutan untuk daun binahong ini. Seperti misalnya, di Jawa, orang menyebutnya, dengan sebutan gedrek, genjerot, dan uci – uci. Beda lagi dengan sebutan daun binahong di Bali. Di Bali umumnya menyebut daun binahong dengan sebutan gondola.

Orang Indonesia tentu sangat mengenal daun yang satu ini. Seperti namanya, Binahong, banyak yang berasumsi bahwa tanaman ini berasal dari Negara Korea. Tanaman ini biasanya menjalar pada pagar, pohon, atau pada dinding. Daun binahong panjangnya bisa mencapai 10 meter lebih. Manfaat daun binahong sudah tak perlu diragukan lagi kehebatannya. Banyak sekali jenis – jenis penyakit yang mampu sembuh dengan daun ajaib ini. Mari kita ulas sedikit tentang manfaat daun binahong bagi kesehatan.

Daun binahong mengandung beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain, asam oleanolik, asam askorbat, flavonoid, protein, dan saponin. Selain itu daun binahong juga berguna sebagai analgesik (pereda nyeri), anti virus, anti oksidan, dan anti flamasi. Karena kandungan yang dimiliki daun binahong itulah yang membuat daun binahong ini disebut sebagai daun sejuta manfaat.

Manfaat bagi Kesehatan
Binahong memiliki nama ilmiah Bassela rubra linn. Daun binahong dapat tumbuh di dataran rendah dan juga di dataran tinggi. Manfaat binahong sangatlah beranekaragam dan tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat dari binahong juga untuk kecantikan kulit. Sehingga, Anda dapat mendapatkan manfaat yang optimal dari daun binahong. Tumbuhan binahong merupakan tumbuhan yang dapat merambat. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menanam tumbuhan tersebut tanpa membutuhkan area yang luas.

1. Untuk Kulit Wajah
Manfaat binahong untuk kulit wajah adalah untuk menghilangkan jerawat dan juga untuk membuat pori-pori wajah menjadi lebih kecil. Jerawat menjadi masalah yang besar baik bagi pria wanita. Ini dikarenakan, jerawat akan meninggalkan bekas yang berwarna hitam.

Apalagi jika jerawat Anda dalam kondisi yang kronis, maka bekas jerawat dapat membuat kulit wajah menjadi berlubang. Cara menghilangkan jerawat tanpa bekas dengan binahong adalah dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan. Perawatan juga dapat dilakukan dari dalam dengan cara menjadikannya jus daun binahong.

Manfaat tanaman binahong untuk perawatan dari dalam dan dari luar akan membuatnya menjadi lebih optimal. Pori-pori wajah juga akan mengecil, jika menggunakan air rebusan binahong untuk mencuci wajah secara teratur. Dengan pori-pori wajah yang kecil, maka akan membuat riasan make-up semakin terlihat bagus.

Manfaat binahong bagi kesehatan antara lain untuk mencegah penyakit stroke, mengatasi maag, menyembuhkan luka, mengatasi asam urat, dan mengatasi kolesterol. Stroke merupakan penyakit yang sangat mematikan.

Stroke mengakibatkan tubuh menjadi tidak dapat digerakkan. Tentunya keadaan tersebut akan membuat Anda merasa sengsara. Biasanya orang yang sudah mengalami stroke akan sulit untuk disembuhkan. Daripada Anda mengobati, lebih baik lagi Anda mencegah terjadinya stroke dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur.

Binahong juga dapat menyembuhkan penyakit maag dengan cepat. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong, maka asam lambung Anda akan menjadi normal kembali. Manfaat tanaman binahong tersebut dapat Anda dapatkan dengan cara mengkonsumsinya secara teratur.

2. Untuk Asam Urat
Manfaat binahong untuk asam urat yaitu dapat menghancurkan Kristal asam urat pada tubuh Anda. Biasanya kristal asam urat tersebut terdapat di bagian persendian. Jika kristal asam urat tersebut sudah benar-benar banyak, maka akan membuat persendian merasa nyeri.

Keadaan tersebut akan semakin parah, bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan. Manfaat tanaman binahong tersebut tentunya akan membuat asam urat Anda hilang dan tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

3. Untuk Kolesterol
Manfaat binahong untuk kolesterol yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol di dalam darah akan membuat penyumbatan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar.

Hal tersebut tentu saja akan mengakibatkan berbagai macam penyakit yang mematikan. Daun binahong dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Caranya adalah dengan merebus daun binahong secara rutin. Manfaat binahong tersebut akan dirasakan dengan cepat jika dikonsumsi secara teratur.

4. Untuk Mencegah Kanker
Daun binahong mengandung zat yang mampuh menghambat perkembangan sel kanker sehingga akan cepat pulih ketika mengidap penyakit ganas ini. Caranyapun cukup mudah yaitu dengan meminum air rebusan daun binahong kering sebanyak satu kali dalam sehari sebanyak 1 gelas, dan minumlah selama beberapa minggu dan sedikit demi sedikit sel kanker yang menyerang tubuh akan berkurang dan kemudian mati.

5. Untuk Sariawan Kronis
Biasanya sariawan terbentuk dari akibat kurangnya vitamin, yang kemudian menimbulkan luka pada mulut dan sekitarnya. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan yang dingin. Jangan meminumnya dalam keadaan hangat karena suhu panas akan memperparah kondisi sariawan. Selain dapat menyembuhkan sariawan, daun binahong juga bermanfaat sebagai penghilang rasa pusing.

6. Untuk Luka Berdarah
Tumbuk atau kunyah daun binahong secukupnya hingga halus, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan berulang apabila luka masih basah atau kondisi luka yang parah.

7. Untuk Melancarkan Pencernaan
Kandungan dalam daun binahong mampu mengontrol kerja alat pencernaan untuk tetap stabil, dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit diare maupun sembelit.

8. Untuk Wasir
Kandungan dalam daun binahong mampu membuat otot dalam anus yang semula membengkak menjadi lebih tenang sehingga sedikit demi sedikit wasir akan dapat berkurang.

9. Untuk Menghentikan Pendarahan
Daun binahong mampu menghambat pendarahan kecil seperti mimisan, daun daun binahong juga berperan sebagai penambah stamina bagi pria. caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan hangat, maka dapat menambah stamina dengan cara yang alami sehingga aman bagi tubuh.

10. Untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah
Kandungan zat dalam daun binahong mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh manusia sehingga membuatnya selalu stabil, oleh karena itu daun binahong selalu digunakan sebagai obat darah rendah.

11. Untuk Pengobatan Luar
Untuk pemakaian luar, batang dan daun binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

Manfaat daun binahong untuk kecantikan dapat dirasakan dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. Untuk meningkatkan kualitas kecantikan, kulit harus terbebas dari berbagai keluhan seperti jerawat, bekas garukan pada kulit akibat gatal- gatal dan eksim, bekas borok dan masih banyak lagi keluhan lainnya. Berikut adalah cara pengolahan air rebusan daun binahong yang tepat agar memperoleh manfaat daun binahong untuk kecantikan:

Manfaat bagi Kecantikan
Manfaat daun binahong untuk kecantikan terutama sebagai obat untuk menghilangkan jerawat dapat diperoleh dengan cara tiga lembar daun binahong yang telah dicuci bersih direbus ke dalam dua gelas air. Rebus campur tersebut hingga mendidih dan biarkan hingga tersisa air rebusan sekitar satu gelas. Air rebusan kemudian tinggal didinginkan dan siap untuk di konsumsi. Agar pengobatan jerawat ini efektif, maka disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan tersebut satu kali sehari.

Cara lain pembuatan air rebusan daun binahong yang lebih enak juga mungkin tidak ada salahnya untuk dicoba. Cara ini dimulai dengan menyiapkan 5-6 lembar daun binahong untuk kemudian dicuci bersih. Daun yang telah dicuci ini kemudian direbus dengan menambahkan dua gelas air. Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu untuk menutupi rasa tidak enak dari daun binahong. Kemudian biarkan air rebusan mendidih dan menyisakan sekitar satu gelas air rebusan. Dinginkan air rebusan dan air rebusan pun siap untuk diminum.

Daun binahong juga dapat dijadikan masker untuk pengobatan jerawat. Caranya yaitu dengan menumbuk hingga halus daun binahong, daun binahong yang diperlukan sekitar lima lembar. Hasil tumbukan daun binahong kemudian dioleskan pada wajah secara merata. Agar memperoleh hasil yang maksimal hingga wajah terlihat halus, disarankan untuk menggunakan masker ini setiap hari secara teratur pada malam hari sebelum tidur. Daun Binahong juga bisa sebagai obat gatal dan eksim pada Kulit.

Untuk mengobati keluhan gatal dan eksim pada kulit disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan daun binahong satu kali sehari. Air rebusan ini diperoleh dengan mencuci bersih 10 lembar daun binahong. Daun yang telah dicuci bersih kemudian dimasukkan ke dalam dua gelas air. Kemudian campuran tersebut direbus hingga mendidih, setelah mendidih kemudian didinginkan dan siap untuk dikonsumsi.

Sebagai Obat Borok
Borok akan mengganggu kecantikan kulit kita, khususnya wanita. Maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsi air rebusan daun binahong untuk mengobati keluhan tersebut. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan dan cuci bersih 12 lembar daun binahong. Daun binahong kemudian dicampurkan dengan tiga gelas air dan rebus hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan tersisa kurang lebih dua gelas, kemudian air rebusan didinginkan dan siap untuk dikonsumsi.

Untuk Mengecilkan Pori-pori, Menghaluskan Kulit Wajah dan Menghilangkan Flek-Flek Hitam
Untuk membuat ramuan yang mampu mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan flek-flek hitam ini diperlukan daun binahong yang masih segar. Ambil sekitar satu genggam daun binahong untuk dicuci bersih. Setelah daun binahong dicuci bersih, daun binahong tersebut diremas hingga halus dan diperas untuk diambil air perasannya.

Air perasan daun binahong ini kemudian dioleskan secara merata pada bagian wajah. Agar mendapatkan manfaat daun binahong untuk kecantikan secara maksimal, sangat disarankan untuk menggunakan air perasan untuk dioleskan pada wajah sebanyak tiga kali sehari secara teratur. (ismi/dari berbagai sumber)

 22 total views,  2 views today