Implementasikan Program ATENSI Balai Anak Rumbai Pekanbaru Wujudkan Kebutuhan Sosial Anak Disabilitas

0

PEKANBARU (AmiraRiau.com) – Balai Anak “Rumbai” di Pekanbaru salurkan bantuan pemenuhan hidup layak sebagai bagian dari pelaksanaan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 38 anak di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Penerima manfaat meliputi Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) klaster anak korban kejahatan seksual, anak korban eksploitasi, anak dengan disabilitas, dan anak dengan HIV/AIDS (ADHIV).

Pemilihan lokus kegiatan ATENSI Anak ini berdasarkan hasil asesmen awal dan pemetaan data petugas. Penyaluran bantuan dilakukan door to door tetapi secara simbolis diberikan kepada 7 anak dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ilham Pekanbaru.

Kepala Balai Anak Rumbai di Pekanbaru yang dalam hal ini diwakili oleh Rakhmat Arianto menjelaskan, “Kegiatan ATENSI Anak ini akan berlanjut. Jadi hari ini kami sampaikan bantuan pemenuhan kebutuhan hidup layak yang merupakan satu dari tujuh komponen kegiatan ATENSI. Selanjutnya kami akan upayakan pelaksanaan komponen kegiatan ATENSI lainnya sesuai kebutuhan anak berdasarkan hasil asesmen kebutuhan yang akan kita lakukan juga tiga hari ini.”

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Bustami, menyambut baik Program ATENSI Anak yang dilakukan Balai Anak Rumbai di Pekanbaru.

“Bantuan stimulan ini sangat membantu sekali untuk kebutuhan gizi anak dalam masa pandemi COVID-19 seperti ini,” kata Bustami.

Bustami pun berharap adanya dukungan dan penguatan keluarga.

“Diharapkan Balai Anak Rumbai bisa memberikan juga dukungan terhadap keluarga, penguatan keluarga supaya anak bisa tumbuh kembang di tengah masyarakat dan bisa mandiri setelah diberikan pendampingan sosial,” imbuh Bustami.

Tim juga melaksanakan rapid asesmen terkait kebutuhan komponen ATENSI Anak. Kondisi para penerima manfaat (PM) sangat memprihatinkan, seperti salah satu anak korban penelataran yang ditinggalkan Ibunya. Petugas berupaya memberikan pendampingan bagaimana kedepannya PM dapat tinggal bersama keluarga terdekat.

Petugas juga memberikan layanan ATENSI kepada 2 anak penyandang disabilitas. Kepala Seksi Disabilitas Dinas Sosial Pekanbaru, Suhana Lely, mengapresiasi kegiatan ATENSI Anak Disabilitas.

“Sangat luar biasa Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak Rumbai Pekanbaru dalam melaksanakan Program ATENSI ini kalau bisa berkelanjutan dalam aksesbilitas kebutuhan anak disabilitas seperti pemberian kursi roda, alat dengar, dan sesuai kebutuhan anak,” tutur Suhana Lely.

Pihak keluarga sangat berterima kasih kepada Balai Anak Rumbai Pekanbaru dengan Program ATENSI ini.

Layanan ATENSI Anak juga diberikan kepada 15 Anak Dengan HIV/AIDS bermitra dengan Yayasan Sebaya Lancang Kuning. Petugas bertemu dengan PM yang rata-rata masih usia sekolah dasar. Petugas melakukan kegiatan dinamika kelompok kepada ADHIV. Kegiatan berlangsung sangat meriah, anak-anak yang hadir bergembira.

Kepala Yayasan Sebaya Lancang Kuning, Rozi Asnita, sangat berterima kasih kepada Balai Anak Rumbai Pekanbaru.

“Dalam 2 tahun belakangan ini, kami selalu mendapat bantuan dari BRSAMPK, ditambah dengan menjembatani untuk tes daya tahan tubuh terhadap anak-anak, dan juga memberikan dukungan sosial memberikan semangat untuk tetap kuat,” kata Rozi.