Hari Jadi Pekanbaru ke-240, Pemko dan Pemprov Riau Bersinergi Gotong Royong di Lokasi Rawan Banjir

Bersempena Hari Jadi ke-240 Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau beserta Forkopimda menggelar gotong royong (Goro)

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Bersempena Hari Jadi ke-240 Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau beserta Forkopimda menggelar gotong royong (Goro), Kamis (20/6/2024).

Ratusan personel gabungan dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemko Pekanbaru termasuk dari unsur Forkopimda turun ke sejumlah titik untuk membersihkan drainase yang ada di Pekanbaru.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka memperkuat sinergitas antara Pemko Pekanbaru bersama Forkopimda dan Pemerintah Provinsi Riau, untuk memperingati Hari Jadi Pekanbaru ke-240.

“Pemerintah kota, dan Provinsi serta Forkopimda bersama-sama bergerak dalam rangka kebersihan Kota Pekanbaru,” kata Risnandar Mahiwa.

Ia menyebut, dalam kegiatan goro massal ini juga diikuti personel TNI, Polri, BPBD Pekanbaru, BPBD Riau, Dinas PUPR, DLHK, pasukan kuning, mahasiswa, LPM, organisasi masyarakat, serta masyarakat Pekanbaru.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan gotong royong seperti ini permasalahan banjir dan sampah di Kota Pekanbaru bisa kita atasi bersama,” ujarnya.

Sebab, kata Risnandar, persoalan banjir dan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja, namun semua pihak juga harus menunjukkan kepedulian yang sama terhadap lingkungan.

“Semoga kegiatan gotong royong seperti ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk melakukan hal yang sama, sehingga kita semua bisa bersama-sama menjaga lingkungan kita,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, kegiatan bakti sosial goro bersama ini selain melibatkan Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau serta Forkopimda juga melibatkan semua camat se Kota Pekanbaru.

Seluruh OPD dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok kemudian ditetapkan titik lokasi ruas jalan yang harus dibersihkan.

“Kita sudah buat surat pembagian tugasnya per OPD untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Alhamdulillah kegiatan gotong royong kita hari ini berjalan lancar,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, dalam kegiatan gotong royong massal kali ini pihaknya menerjunkan 40 petugas kebersihan.

Mereka melakukan pembersihan drainase di sejumlah titik sesuai dengan pembagian tugasnya.

“Selain menerjunkan personil kita juga mengerahkan alat berat untuk mengeruk parit yang sudah dangkal dan tertutup,” kata kadis.

Kadis menjelaskan, lewat kegiatan baksos gotong royong bersama ini sejumlah titik drainase yang sebelumnya tertutup oleh sampah dan semak kini sudah bersih kembali.

“Termasuk juga drainase yang sebelumnya tertutup dan ada penyempitan karena ada box culvert dan gorong-gorong juga sudah kita gali dengan alat berat,” ujarnya.

Salah satu fokus dalam kegiatan gotong royong ini diantaranya pembersihan drainase Jalan Arifin Ahmad, HR Soebrantas, Pasar Pagi Arengka, Jalan Riau, Jalan Kaharuddin Nasution, dan Jalan Sekolah Depan Pasar Rumbai.***

Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar