Hadiri Panen Jagung Bisi 2, Bupati Sukiman: Mudah-mudahan Bisa Memotivasi

Pasirpengaraian, AmiraRiau.Com-Bersempena dengan perayaan hari jadi ke 36 Desa Sukamaju, Kec. Tambusai, Kab. Rokan Hulu, pada 9 Agustus 2018 lalu, digelar acara panen bersama jagung Bisi 2 pada luasan 20 ha. Panen dihadiri oleh Bupati Rokan Hulu, Setda, Kepala BPTP Riau dan staf, Ketua DPRD Kab. Rohul serta seluruh jajaran eselon 2 Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Kab. Rohul Mubrizal, SP, MMA dalam sambutannya menyatakan bahwa Desa Sukamaju selama ini sudah aktif dalam melaksanakan program pertanian dan Dinas Pertanian juga sudah mengarahkan beberapa program di desa ini diantaranya memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian. Desa ini memiliki 20 ha lahan abadi dari swadaya masyarakat dan lahan desa, lahan ini tidak boleh dialihfungsikan kecuali untuk tanaman pangan. Di desa ini juga telah menerapkan usaha tani terpadu ternak, ikan dan tanaman.

Jagung varietas Bisi 2 yang dipanen hari ini berlokasi di hamparan lahan seluas 5 ha dan petani dampak seluas 15 ha. Teknik budidaya yang diterapkan masih tradisional sehingga sangat diperlukan sentuhan teknologi dari BPTP Riau seperti membuat demplot budidaya jagung di desa ini.

Bupati Rohul, H. Sukiman disela-sela acara panen bersama dan perayaan hari jadi ke 36 Desa Sukamaju ini menyampaikan rasa bangga dengan dilaksanakan panen bersama jagung ini, beliau berharap mudah-mudahan dengan dilaksanakan panen bersama ini akan memberikan motivasi lebih kepada petani.

Produktivitas rata-rata jagung varietas Bisi 2 yang dipanen saat ini adalah 5 t/ha dan sudah ada pedagang yang menungu untuk menampung produksi dengan kisaran harga Rp.3.500,- Rp.4.000,-/kg.***

Previous Pimpin Upacara Hari Jadi Provinsi Riau ke - 61, Bupati Sukiman Harapkan Pemprov Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur di Rohul
Next Pilpres 2019, Purnawirawan Jenderal TNI Bentuk Cakra 19 Dukung Jokowi

About author