Hadiri Hari Butuh, Bupati Inhu Yopi Arianto Bagi-bagi Hadiah

0

RENGAT, AMIRARIAU.COM-Ribuan buruh dari berbagai perusahaan di Kabupaten Inhu memperingati hari buruh sedunia atau May Day yang dipusatkan di arena olahraga Panjat Tebing, kompek Kantor Bupati Inhu, Pematangreba, belum lama ini. Peringatan hari buruh sedunia ini dihadiri Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Turut hadir pada peringatan hari buruh sedunia tersebut Anggota DPRD Riau Sugeng Pranoto, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Edison S Sinabutar, Ketua DPRD Inhu Miswanto serta perwakilan organisasi buruh yang ada di Kabupaten Inhu.

Peringatan hari buruh sedunia tahun 2015 di Kabupaten Inhu ini diisi dengan penyampaian aspirasi dari perwakilan para buruh kepada Pemkab Inhu. Selain itu, peringatan hari buruh sedunia juga dimeriahkan dengan hiburan musik oleh artis dangdut ibu kota serta pagelaran seni budaya. Bahkan rangkaian peringatan hari buruh sedunia yang di fasilitasi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Inhu ini akan berlangsung hingga malam.

Kepala Disnakertrans Inhu Kuwat Widiyanto mengungkapkan bahwa dalam rangka peringatan hari buruh sedunia, pihaknya telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi upah minimum kabupaten (UMK), pertemuan dan koordinasi dengan pengurus serikat pekerja dan serikat buruh, pelatihan keterampilan untuk pencari kerja, pelatihan kewirausahaan serta menggelar sosialisasi bersama BPJS ketenagakerjaan.

Diharapkan seluruh program kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Inhu tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para pekerja, calon pekerja, pengusaha dan masyarakat umumnya.

”Melalui kegiatan seperti ini, peringatan hari buruh sedunia yang terkesan anarkis, provokatif dan meresahkan masyarakat tidak akan pernah terjadi di Kabupaten Inhu. Sebab buruh di Kabupaten Inhu sudah lebih dulu cerdas dan taat akan aturan,” tegasnya.

Sementara itu, aspirasi dari para buruh disampaikan oleh empat orang perwakilan dari organisasi buruh yakni Winston Pandiangan, Mukson, Reymon Siahaan dan Bahrum Sitiyo. Reymon Siahaan yang juga Ketua Umum Serikat Buruh Sektor Migas Kabupaten Inhu ini mengungkapkan bahwa di Indonesia baru Kabupaten Inhu yang memfasilitasi peringatan hari buruh sedunia seperti yang dilaksanakan tahun ini. Bahkan kedepan Reymon berharap peringatan hari buruh sedunia di Kabupaten Inhu dapat dihadiri seluruh buruh yang berjumlah sekitar 28.600 buruh.

Pada kesempatan itu, Reymon juga mengungkapkan dari 328 perusahaan di Kabupaten Inhu, baru sekitar 30 persen yang sudah melaksanakan aturan sesuai ketentuan yang berlaku dan minta pemerintah lebih meningkatkan pengawasan.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengucapkan selamat hari buruh sedunia tahun 2015. Bupati berharap kegiatan yang difasilitasi Pemkab Inhu ini mampu menjadi contoh bagi daerah lain, sebab peringatan hari buruh tidak hanya dihadiri oleh para buruh, tetapi oleh pejabat terkait.

Bupati juga minta organisasi buruh melakukan inventarisir perusahaan yang tidak mendaftarkan buruh sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan dan memberikan beasiswa kepada anak buruh berprestasi. ”Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh buruh yang sudah hadir pada peringatan hari buruh sedunia ini secara tertib, aman, lancar dan taat aturan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati H Yopi Arianto SE memberikan hadiah kepada buruh dan keluarganya yang merayakan hari ulang tahun bertepatan dengan peringatan hari buruh sedunia. Terdapat tiga orang yang memperoleh hadiah dari Bupati tersebut.***

 17 total views,  1 views today