H. Sugianto : Bulog Harus Lakukan Operasi Pasar di Tengah Covid-19 Untuk Jaga Stabilitas Harga

0

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak akibat bagi 179 negara di dunia tak terkecuali Indonesia. Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Riau hingga hari ini Jumat (27/03/2020) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 adalah sebanyak 1 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 4.434 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 72 orang.

Sejak pemerintah memberlakukan social distancing atau jarak sosial, banyak terjadi kekhawatiran di kalangan masyarakat salah satunya adalah ketersediaan bangan pangan apabila pandemi Covid-19 semakin parah. Di beberapa titik bahkan terjadi kenaikan harga beras dan gula pasir yang merupakan kebutuhan pokok.

Menyikapi hal ini, H. Sugianto Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan peninjauan ke beberapa kabupaten. Direncanakan akan mengunjungi 12 kabupaten kota di Provinsi Riau agar masyarakat tenang mengenai stok pangan berikut stabilitas harganya. Pada Kamis (26/03/2020) Anggota Legeslatif Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Riau periode 2019-2024 dari Fraksi PKB ini mengunjungi bulog Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuansing.

“Stok beras dan gula di Kabupaten Indragiri hulu aman untuk dua bulan ke depan. Kami akan terus memantau ketersediaan juga harga. Di bulog harga gula pasir masih normal yaitu Rp11.300, namun di beberapa titik ada yang Rp18.000 bahkan Rp20.000. Kami sarankan agar melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga”, jelas Sugianto kepada AmiraRiau.

Anggota Legislatif ini akan terus bergerak menuju 12 kabupaten kota di Provinsi Riau. Pada Jumat (27/03/2020) H. Sugianto berada di Kabupaten Pelalawan untuk kepentingan serupa, yaitu meninjau stok bahan pangan.

“Senin saya akan ke Bulog Kota Pekanbaru untuk melihat stok bahan pangan kemudian menyarankan untuk dilakukan operasi pasar untuk mengantisipasi kenaikan yang mungkin akan dimanfaatkan oleh segelintir orang. Kami ingin masyarakat tenang di tengan Corona ini. Kami harap stok pangan aman dan corona segera berlalu”, terang H. Sugianto. (Amira)