Gunakan 23 Penerbangan ke Embarkasi Batam, Bandara SSK II Layani 3.294 JCH Riau

Bandara SSK II Pekanbaru

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Mulai tahun ini pelaksanaan kegiatan Jamaah Calon Haji (CJH ) asal Riau, akan dilakukan secara mandiri oleh masing-masing kabupaten/kota menggunakan penerbangan feeder haji, baik yang bersifat reguler flight ataupun charter flight. Hal ini berbeda dengan tahun lalu yaitu Riau berstatus sebagai Embarkasi Haji Antara (EHA).

Hingga saat ini sudah ada 6 kabupaten/kota yang akan memberangkatkan CJH dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II menuju Embarkasi di Batam, yaitu Kota Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, Kuansing, Rokan Hulu, dan Indragiri Hulu.

Totalnya ada 3.294 CJH. Mereka akan diangkut oleh maskapai Lion Air dan Citilink dengan sebanyak 23 penerbangan.

Radityo Ari Purwoko, selaku Executive General Manager Bandara SSK II mengatakan, untuk kelancaran proses pemberangkatan CJH, pihaknya telah menyiapkan hall khusus untuk CJH.

Kemudian, CJH akan melalui pemeriksaan keamanan penerbangan di hall tersebut dan selanjutnya menunggu jadwal pemberangkatan layaknya prosedur pemberangkatan penumpang pada umumnya.

“Jamaah calon haji akan dilepas oleh masing-masing Pemerintah Daerah dan langsung menuju ke Bandara SSK II menggunakan bus menuju ke hall yang telah dipersiapkan,” kata Radityo, Jumat (10/5/2024).

Sementara, untuk mengantisipasi para pengantar yang masuk atau ikut ke area hall, maka pihak Bandara SSK II telah menyiapkan personel tambahan baik dari Aviation Security ataupun BKO TNI AU.

“Dalam pelaksanaan kegiatan jamaah calon haji asal Riau tahun ini, kita berharap dapat berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.***

Penulis: MCR, Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar