Gali Sumur Air, Warga Riau Malah Dapat Semburan Gas dan Menyala

0
4

Tembilahan, AmiraRiau.Com-Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau dihebohkan adanya galian sumur bor milik warga yang mengeluarkan semburan gas. Semburan gas yang dipantik dengan korek api akhirnya menjadi semburan api.

Peristiwa ini persisnya terjadi di RT 1 RW 5, Dusun Besika Jaya, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil. Sumur bor itu milik warga setempat, M Rauri (50).

“Sumur bor itu posisinya digali di depan rumah warga. Usai digali dengan kedalaman 34 meter, tiba-tiba menyemprotkan air sendiri tanpa disedot dengan mesin,” kata staf Desa Pulau Burung, Hardiyanto, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (20/12/2018).

Yanto menjelaskan penggalian sumur bor itu dilakukan pada Rabu (19/12) sore hari. Pekerjaan berhenti malam hari ketika tiba-tiba, baru kedalaman 34 meter, air dari perut bumi muncrat.

“Pekerja sumur bor sempat terkejut karena tidak biasanya air bisa naik sendiri tanpa disedot dengan mesin. Jarang-jarang di sini gali sumur bor kedalaman segitu keluar air. Biasanya di sini gali air bisa kedalaman lebih dari 100 meter juga belum tentu keluar air,” kata Yanto.

Setelah air keluar, kata Yanto, pemilik rumah dan warga mencium bau gas. Di samping itu, pipa air seperti mengeluarkan suara gemuruh.

“Lantas dicoba warga memantik dengan api. Ternyata api menyala dari pipa sumur bor itu,” kata Yanto.
Baca juga: Peneliti Temukan Putaran Gas dan Debu Kosmis yang Siap Meledak

Karena fenomena alam yang belum pernah terjadi ini, akhirnya warga setempat menghubungi perangkat desa. Perangkat desa menghubungi pihak kepolisian dan Babinsa setempat.

“Tadi malam bapak-bapak anggota polisi dan TNI ada di lokasi untuk menyaksikan keanehan itu. Untuk keamanan, lokasi semburan gas itu sudah dipasang garis polisi,” tutup Yanto. (e2)

(sumber foto: dtc)