FITRA Sebut Sejumlah Daerah Penghasil Minyak Tingkat Kemiskinannya masih Tinggi

0

INHU, AMIRARIAU.COM-Pelaksana (Plt) Tugas Sekda Inhu Isdjawardi membuka pelaksanaan acara Desiminasi Kebijakan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas dalam Akselerasi Pembangunan Wilayah Penghasil yang dilaksanakan di Aula Bappeda Inhu, Selasa (27/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Inhu Miswanto, sejumlah Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor serta para perwakilan desa –desa penghasil migas di Kabupaten Inhu.

Selaku perwakilan FITRA Triono Hadi menyampaikan bahwa ada beberapa usulan yang menjadi perhatian dan disampaikan FITRA kepada pemerintah kabupaten Inhu diantaranya terkait dengan perbaikan kinerja keuangan, tata kelola keuangan daerah secara terbuka, kebijakan dalam penggunaan DBH migas yang diterima daerah serta pengalokasian anggaran kemiskinan secara proporsional dan pembagian pelaksana program pembagian hingga ke level desa guna mencegah penumpukan kegiatan SKPD.

Sedangkan terkait dengan pembagian DBH migas ke desa, berdasarkan data yang diperoleh, FITRA menilai bahwa sejauh ini sejumlah desa yang menjadi lokasi berdirinya sejumlah perusahaan swasta, tingkat kemiskinan masyarakatnya dinilai masih cukup tinggi.

Maka dari itu, ini juga menjadi perhatian dari FITRA agar kedepannya pemerintah menjadikan ini sebagai bahan pertimbangan dan melanjutkannya kepada pihak perusahaan untuk melakukan perubahan atas DBH tersebut secara adil demi menciptakan kesejahteraan masyarakat khsususnya masyarakat yang berada disekitar perusahaan.

Sementara itu, dalam sambutannya Plt Sekda Isdjawardi sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Seperti diketahui bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari FITRA prov Riau sebagai lembaga swadaya masyarakat

Selain di Inhu, ada beberapa daerah yang menjadi sorotan FITRA terkait dengan DBH migas antara perusahaan dengan masyarakat. daerah tersebut diantaranya, Aceh Utara, Bojonegoro dan Sumbawa barat.

Diharapkan melalui kegiatan ini, juga menjadi bahan pertimbangan pemerintah kabupaten Inhu dalam usaha pencapaian kesejahteraan bagi masyarakat. (*)