Effendi Sianipar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Dihadapan Ratusan Masyarakat Pekanbaru

PEKANBARU, AmiraRiau.com- Anggota Komisi V DPR RI Dapil Riau I, Ir. Effendi Sianipar. M.Si, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat di Kota Pekanbaru,  Senin (13/5/2024).

Tampak hadir dalam kegiatan ini Ir. Effendi Sianipar MM MSi yang diwakili TA Randi Pratama SH MH, Anggota DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan, Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Davod Sinaga, dan ratusan masyarakat.

Ir Effendi Sianipar melalui TA Randi Pratama mengatakan, sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat.

“Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,”
kata Randi Pratama

Tujuannya, sambung dia,  meningkatkan kesadaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat.

“Gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan,” kata dia.

Menurutnya, segenap komponen stakeholders bangsa harus senantiasa menggelorakan rasa kebangsaan, semangat kebangsaan dan paham kebangsaan, sebagai suatu terapi ideologis bagi upaya pembentukan tekad, sikap dan tindakan untuk menjamin tetap tegak dan lestarinya NKRI.

Selain sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, sebut dia, Pancasila juga menjadi sumber dari segala sumber hukum.

“Hal itu mengamanatkan, bahwa Pancasila adalah inti terdalam yang menjadi sumber penyusunan semua produk hukum. Sehingga semua peraturan perundang-undangan harus selaras, tunduk, dan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.

Anggota DPRD Pekanbaru, Ruslan Tarigan menambahkan, kegiatan ini, selain bertujuan membekali masyarakat akan pentingnya pengetahuan dasar negara dan ideologi, juga memberikan stimulan ekonomi melalui bantuan dan program pemberdayaan.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita akan semakin memahami kedudukan Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Sehingga semua produk hukum yang kita hasilkan tidak menyimpang apalagi bertentangan dengan Pancasila,” harapnya.

Ruslan Tarigan menjelaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan adalah program pemerintah yang cukup penting, dikarenakan berperan membangun kesadaran setiap warga negara untuk berbangsa dan memegang teguh ideologi negara.

“Sebagai wakil rakyat perwakilan kita dipusat Pak Effendi Sianipar  juga tidak boleh luput untuk mengedepankan aspirasi masyarakat. Sehingga sosialisasi empat pilar kebangsaan perlu dipahami oleh kita semua, sebagai warga negara, karena namanya pilar itu menjadi penyangga. Dengan demikian, Indonesia terbentuk bangsa yang kuat, maju dan jaya. Berdiri dipondasi pilar-pilar yang kokoh,” pungkasnya. ***

Penulis: M.Wan. Editor: Isman

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar