DPT Rohul Sudah Ditetapkan, Ternyata Masih Ada Pemilih Ganda

0

ROHUL, AMIRARIAU.COM-Kendati Daftar pemilih Rokan Hulu untuk Pilkada serentak nanti sudah ditetapkan, ternyata KPUD Rohul meingindikasikan masih banyak data ganda di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebut.

Menurut Ketua KPU Rohul Fahrizal didampingi Komisioner Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia Sri Wahyudi menerangkan ada sekira puluhan data ganda di DPT.

DPT Pilkada Rohul tahun ini, jelas Fahrizal, memang belum sempurna, sebab masih banyak pemilih yang sudah meninggal dunia masih terdaftar. Adalagi nomor induk kependudukan kartu keluarga (NIK KK) calon pemilih dari daerah asal masih terdaftar, bukan KK dikeluarkan Pemkab Rohul dengan kode 1406.

”Namun akan dicoret (KK), karena tak memenuhi syarat (TMS),” ujar Fahrizal menjawab wartawan, Jumat (9/10/15).

”Regulasinya, KPU Rokan Hulu tetap mengacu sinkronisasi DP4 dari Kementerian Dalam Negeri,” tambahnya.

Fahrizal mengungkapkan DPT Pilpres 2014 silam sekira 354 ribu, namun DPT Pilkada Rohul 2015 mengalami penurunan sekira 20 persen, atau menjadi 286.127 pemilih.

Penyebab turunnya DPT Pilkada Rohul karena masih banyak ditemukan pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dunia juga terdata.

Fahrizal mengungkapkan dari pendataan DPS dilakukan PPS di Kecamatan Bonaidarussalam beberapa waktu lalu, ditemukan ratusan KK yang punya NIK sama.

”Namun paling banyak KK luar Rohul juga terdata. Jumlahnya tak sampai seratus. Baru di sepuluh kecamatan yang sudah clear,” jelasnya.

Ia menambahkan pasca diplenokan, KPU akan mengantarkan DPT kepada 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk diumumkan oleh Panitia Pemilihan Suara (PPS) tersebar di 145 desa.

”Tanggal 12 Oktober (2015) harus sudah diumumkan oleh PPS ditempelkan di tempat-tempat umum. Sifatnya yang mudah dilihat masyarakat, tak mesti di kantor desa,” jelasnya.

Terlepas itu, Fahrizal mengakui petugas pendata pemilih mengalami kesulitan saat pendataan di sejumlah perusahaan. Seperti dialami pihak PPK Tambusai Utara dan Tambusai, PPS sulit mendapatkan izin akses masuk ke PT Torganda, PT Torus Ganda, atau PT Togos Gopas. Petugas juga mengakui terkendala, karena jarak antara setiap Afdeling cukup jauh. (Yus)