Dishubkominfo Inhu Tegaskan Pembangunan Wifi Desa Dibutuhkan

INHU, AMIRARIAU.COM-Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Inhu menegaskan bahwa pengadaan antena wifi pada 19 desa di Kecamatan Rakit Kulim sangat dibutuhkan masyarakat di era digital seperti saat ini. Desa diharapkan tidak perlu takut dan ragu-ragu dalam menganggarkan serta melaksanakan program tersebut.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dishubkominfo Inhu, Drs Erpandi melalui Kabid Informatika Roma Doris S.S, MPS, M.Eng saat menjadi pembicara pada Forum Komunikasi Fasilitator Kecamatan (FK) di Aula Bapemas Pemdes Inhu, Selasa, (22/03).

”Kami menyambut baik terobosan yang dilakukan 19 desa di Kecamatan Rakit Kulim yang telah menganggarkan pengadaan antena wifi melalui ADD. Ini perlu kita dukung bersama karena menjadi sebuah terobosan berharga dalam era digital seperti saat ini,” tegasnya.

Menurut Roma, era digital mengharuskan setiap desa maupun badan publik untuk tanggap dan melek teknologi informasi, terlebih dengan keluarnya Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pengadaan jaringan internet, dalam hal ini antena wifi dirasa perlu untuk memenuhi kebutuhan akses internet di desa. Sebab banyak rutinitas ataupun kegiatan desa yang membutuhkan adanya jaringan internet setiap harinya, seperti mengakses profil desa maupun sebagai media promosi desa. “Apalagi di Kecamatan Rakit Kulim jaringan internet sulit di jangkau dengan menggunakan modem biasa, sehingga dibutuhkan antena wifi,” ucapnya.

Dishubkominfo Inhu membuka pintu yang selebar-lebarnya kepada perangkat desa maupun Fasilitator Kecamatan (FK) untuk berkoodinasi dan berkonsultasi terkait pengadaan jaringan internet desa maupun peralatan Teknologi Informasi (TI) lainnya.

Hal ini bertujuan agar tidak terdapat polemik terkait pengadaan peralatan TI tersebut. ”Jika diperlukan, kita akan turun dan survey ke lokasi bersama-sama untuk meninjau kelayakan dan standarisasi pembangunan jaringan IT tersebut,” ujar Roma. (*)

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar