Dishub Pekanbaru Patroli 24 Jam, Tak Ada Tempat Bagi Juru Parkir Ilegal

Dishub Pekanbaru Tertibkan Juru Parkir Ilegal

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru terus melakukan patroli Juru Parkir (Jukir) liar. Kegiatan ini rutin digelar mulai pagi hingga malam hari, di sejumlah lokasi, di kota berjuluk “Bertuah” itu.

Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar mengatakan, bahwa setiap hari personil dari UPT Perparkiran terus melakukan patroli mulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

“Personil selalu bertugas diawali dari titik-titik yang ramai seperti di Pasar Pagi Arengka, seputaran pasar di Jalan Juanda dan daerah-daerah lainnya. Petugas kami juga bergerak di seluruh kota Pekanbaru. Kami patroli ke area yang ada jukir untuk memastikan apakah jukir telah melayani pengendara dengan baik dan menggunakan atribut atau tidak,” kata Radinal, Jumat (1/3/2024).

Lebih lanjut diungkapkan dia, pihaknya telah menangkap tiga pelaku juru parkir (Jukir) liar yang membuka kantong parkir dan memungut retribusi di area Halte Bus TMP di depan SKA Mall, Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru.

Ketiga Jukir liar tersebut tertangkap dalam operasi peninjauan yang digelar UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru pada Rabu (28/2) sore. Jukir liar tersebut segera ditindaklanjuti dengan dibawa ke Kantor Dishub Pekanbaru untuk diberikan peringatan.

Usai ditangkap, para Jukir liar hanya diminta menandatangani perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya di masa depan. Kemudian, dilepaskan.

Lebih lanjut, ia meminta agar masyarakat berhati-hati dan tidak mendukung keberadaan jukir liar ini, dengan melaporkannya kepada Dishub Pekanbaru bila menemui Jukir liar.

“Pengawasan terus kami lakukan. Kami juga minta agar masyarakat melaporkan kepada Dishub Pekanbaru jika ada Jukir liar,” jelasnya.

Kepada masyarakat juga diimbau agar memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi yang memang diresmikan untuk lokasi parkir di Kota Pekanbaru. Sehingga keberadaan jukir liar juga tidak berkembang.

Selain itu, Dishub melalui UPT Perparkiran Kota Pekanbaru juga memastikan akan langsung menindak lanjuti dan menindak tegas jika masih ada oknum jukir yang masih berani bertugas meminta uang parkir dalam kawasan SPBU atau di ruang lingkup SPBU. Pasalnya, itu merupakan fasilitas SPBU.

“Terkait jika masih ada ditemukan jukir yang bertugas meminta uang parkir di dalam area SPBU, maka kami pastikan akan langsung menindak lanjuti dan menindak tegas. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan memberikan uang parkir di area SPBU. Jika oknum jukir tersebut memaksa tolong segera laporkan kepada kami UPT Perparkiran,” ujar Radinal Munandar.***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar