Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan penilaian

0
48

Amirariau.com Pekanbaru. BENGKALIS – Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan penilaian pada tiap-tiap kelompok kegiatan (Poktan) di tiap kecamatan se- Kabupaten Bengkalis.

kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV dan Anugrah Kencana Tahun 2018, adapun poktan yang menjadi sasaran penilaian tersebut adalah BKB, BKR, BKL dan PikR.

Penilaian ini menjadi salah satu indikator pada ajang penganugrahan kencana bagi Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai wujud apresiasi terhadap para kader-kader Poktan di tiap kecamatan khususnya di kampung KB. Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti surat dari BKKBN perwakilan Provinsi Riau untuk menyelenggarakan penilaian Poktan BKB, BKR, BKL, PIK-R, UPPKS, PPKS dan Duta orang tua Hebat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Bengkalis, H. Suheiry Zein, sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud, beliau juga menjelaskan bahwa kita tidak mengikutkan semua poktan dalam ajang penilaian tersebut, namun hanya BKB, BKR, BKL dan PikR yang jadi penilaian, karena dibeberapa kecamatan ada yang beberapa poktan belum terbentuk dan belum siap untuk mengikuti ajang tersebut.

“saat ini Cuma BKB, BKR, BKL dan PikR jalur masyarakat yang kita nilai, karena dibeberapa kecamatan ada yang poktan nya belum terbentuk dan ada yang sudah namun belum siap untuk mengikuti ajang tersebut, sehingga tidak semua poktan yang dinilai,” ujar Suheiry

Suheiry menambahkan bahwa ajang ini dilaksanakan sempena peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV pada juni mendatang, dan Anugerah Kencana 2018, penilaian poktan ini menjadi indikator pada Anugerah tersebut.

“pada Anugerah Kencana 2018 penilaian poktan nantinya menjadi salah satu indikator penilaian, makanya saya minta Pkk kecamatan dan para PLKB dimasing-masing kecamatan agar bisa bekerja sama benar-benar mempersiapkan poktan tersebut,” jelas Suheiry

Tim penilai berasal dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Bengkalis, dari Disdalduk yaitu Rufi Ayeni (Kabid ketahanan dan kesejahteraan keluarga), Wiwi Hardayati (Kasi Bina Keluarga Balita Dan Lansia ) dan Supartono (Kasi Bina ketahanan Remaja), dari Diskes yaitu Tengku Desi Shanti dan Ardiana.

Adapun yang menjadi pokok-pokok penilaian (instrumen penilaian) oleh tim penilai yaitu Identitas Poktan, legalitas dan Kepengurusan, infrastruktur/fasilitas, komitmen/program kerja, Kaderisasi, kreatifitas, komunikasi, Pembinaan, Kerjasama, penyuluhan, dukungan dan pelaporan.##DISKOMINFOTIK

BENGKALIS – Kampung KB Kuala Alam ikuti penilaian Poktan Sempena Harganas Ke XXV dan Anugrah Kencana 2018, Penilaian kelompok kegiatan (Poktan) yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bengkalis diikuti oleh Kampung KB Kuala Alam Kecamatan Bengkalis.

Penilaian dilaksanakan di Kampung KB Kuala Alam, Selasa 13 Maret 2018. Adapun poktan yang mengikuti penilaian ini adalah BKB, BKR, BKL dan Pik R jalur masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Bengkalis, Ema Madona menyambut baik kegiatan ini, meskipun baru menjabat ketua Tim Penggerak Pkk Kec. Bengkalis, namun beliau tetap memaksimalkan waktu dan tenaga untuk ajang ini.

“Meskipun saya masih baru, namun kita tetap berupaya sekuat tenaga untuk tetap berpartisipasi dan memaksimalkan poktan-poktan yang ada, dan semua ini berkat kerjasama dengan para kader-kader poktan, ketua dan anggota PKK Desa kuala Alam, PLKB Kec. Bengkalis dan semua pihak yang terlibat, makanya poktan di Kampung KB kuala alam ini bisa kita ikut sertakan,” ungkap Ema

Ema mengucapkan terima kasih pada ibuk-ibuk di desa kuala alam, Kepala Desa kuala Alam, ajang yang kita ikuti ini berskala nasional, karena kegiatan ini dilaksanakan bersempena peringatan Hari Keluarga Nasional Ke XXV dan Anugerah Kencana 2018, jadi menang atau kalah jangan jadikan suatu beban.

“Untuk kader-kader Poktan, kegiatan ini berskala nasional, jadi menang jangan jumawa dan kalah jangan kecewa, tapi jadikan kegiatan ini sebagai ajang belajar dan perbaikan bagi poktan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya” ujar beliau.

Untuk BKB, BKR dan BKL Yang menjadi sasaran pokok dari tim penilai adalah legalitas dan Kepengurusan, infrastruktur/fasilitas, komitmen/program kerja, Kaderisasi, kreatifitas, komunikasi, Pembinaan, Kerjasama, penyuluhan, dukungan dan pelaporan. Dan untuk PikR sasaran pokok penilaian adalah Identitas, legalitas dan Kepengurusan, fasilitas penyuluhan/GenRe, program kerja, dan Kegiatan Rutin didalam dan diluar PikR.

Adapun poktan dari Kampung KB Kuala Alam yang ikutsertakan dalam penilaian tersebut yaitu BKB Tunas Harapan, BKR Bunda Harapan, BKL Sejahtera dan PikR Pelita Harapan.##RILISDISKOMINFOTIK