Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Serta TPPS Gelar Gemarikan di Lokus Stunting

Bupati Rohul H Sukiman bersama Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman foto bersama usai pemberian makanan tambahan bergizi sekaligus sosialisasi Gemarikan beberapa waktu lalu.

ROHUL, AmiraRiau.com– Dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dan percepatan penurunan stunting, Pemerintah KabupatenRokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan bekerja sama dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mengadakan acara Gerakan Memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan).

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu CH. Agung Nugroho, S.Stp., MM, mengatakan acara Gemarikan ini dilaksanakan di lokus stunting yakni di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah dan Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun,  dengan memberikan makanan olahan berbahan dasar ikan seperti bakso ikan, nugget ikan dan coklat kepada anak anak balita, batita, ibu hamil dan ibu menyusui.

“Terlebih dahulu Gerakan Gemarikan diadakan di daerah lokus stunting seperti Desa Tanjung Belit, Desa Bencah Kesuma dan nanti tanggal 26 Juni di Desa Suligi, kemudian nanti juga akan kita adakan seremonial di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba, kami berharap nanti bapak Bupati Rokan Hulu dan ibu Ketua TP-PKK dapat hadir dalam acara tersebut,” ucapnya saat di Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun (10/07/2024).

Kadis Peternakan dan Perkebunan ini juga menerangkan bahwa ikan mengandung protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan anak, tidak hanya di berikan kepada anak stunting tapi juga diberikan untuk anak anak yang lain untuk mencegah stunting, sehingga tidak muncul kasus baru.

“Jadi kita memberikan ini tidak hanya kepada anak-anak kita yang terdampak stunting tapi untuk mencegah, agar tidak muncul kasus baru lagi” jelasnya.

Kemudian untuk kedepannya Gemarikan akan kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat di Rokan Hulu karena peran keluarga baik ibu ataupun ayah sangat besar untuk merawat dan menjaga pertumbuhan anak, dan berharap Rokan Hulu bisa zero stunting.

“Peran keluarga sangat besar menjaga dan merawat perkembangan anak anak kita,  berikan anak untuk imunisasi lengkap sesuai tahapan dan wajib memberikan makanan berbahan baku ikan karena anak anak kita adalah generasi penerus, calon pemimpin masa depan, dengan upaya ini mudah mudahan Rokan Hulu bisa Zero Stunting” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris TPPS Dr. Bambang Triono Mengatakan bahwa Pemerintah hadir untuk memberikan bantuan makanan tambahan berbahan dasar ikan yang diolah menjadi berbagai jenis panganan seperti Bakso dan Nugget, sebagai penarik untuk anak anak agar gemar memakan ikan.

“Kita hadir disini  untuk memberikan bantuan, memberikan makanan tambahan berupa olahan dari ikan yang di berikan dari dinas ketahanan pangan dan perikanan, jadi  bantuan ini bentuknya berupa bakso dan nugget yang sudah diolah dari ikan sebagai pemicu untuk anak-anak kita agar suka makan” katanya saat di Posyandu kenanga Desa Tanjung Belit (9/7/2024).

Bambang berharap dengan dilaksanakannya Gemarikan ini anak yang beresiko Stunting bisa segera membaik gizi serta diri nya juga berpesan kepada kader kader Posyandu untuk aktif menyampaikan makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk perkembangan anak agar pertumbuhan bisa Optimal.

“Diharapkan dengan adanya bantuan ini peran-peran ibu kader juga bisa menyampaikan apa saja makanan yang baik untuk anak-anak kita jadi pertumbuhannya bisa optimal bisa bagus dan kemudian kepada ibu-ibu yang punya balita untuk memberikan makanan yang terbaik pada anak-anak kita agar pertumbuhannya optimal karena ini generasi kita inilah yang kita harapkan untuk melanjutkan pembangunan di negara kita” tutupnya.***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar