Dilaunching, Operasional Bank Sampah Berkelana di Minas

0

Siak Sri Indrapura, AmiraRiau.Com – Bupati Siak Alfedri, melaunching Operasional Program Bank Sampah Berkelana, di Gedung Serba Guna Batin Djaonang, Kantor Camat Minas, Selasa (25/5/2021).

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT.CPI dan Unilak yang telah mendukung penuh terwujudnya Bank Sampah ini”, sebut Alfedri di awal sambutannya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak (Kecamatan Minas) bersama Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau dan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) telah menjalin kerja sama program pengelolaan bank sampah yang telah tertuang dalam MoU yang ditandatangani pada 2019 yang lalu, dalam upaya membantu masyarakat mengatasi persoalan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Bank Sampah Berkelana itu terletak di lahan dengan luas kurang lebih 1 hektare, tepatnya di wilayah Jalan Hutan Wisata RT.01/RW.01 Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak.

Bupati mengatakan program ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, diantaranya lingkungan bersih dan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Program ini tidak hanya mendorong lingkungan menjadi bersih dan sehat, tapi juga memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar”, jelasnya.

Ditambahkannya, kini telah dibentuk kader untuk pengelolaan bank sampah tersebut, yang di beri nama BERKELANA (Bersama Kelola Sampah Minas) yang saat ini tengah diresmikan operasionalnya.

“Tugas dari Tim BERKELANA ini untuk menata pengelolaan bank sampah, kemudian juga memberikan sosialisasi pemahaman kepada warga bahwa sampah itu dapat juga menjadi berkah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat (melalui Bank Sampah),” jelasnya.

Alfedri berharap, kerjasama yang terbangun bersama Unilak dan PT.CPI melalui Program Bank Sampah Berkelana di Minas ini nantinya dapat diterapkan di Kecamatan/Desa/Kampung lain terutama yang memiliki permasalahan yang sama.

“Harapan kita tentunya agar kedepan program ini dapat kita kembangkan di Kecamatan maupun Desa/Kampung lain terutama yang memiliki permasalahan yang sama (masalah pengelolaan sampah),agar dapat teratasi sehingga lingkungan bersih, masyarakat sehat dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Rektor Unilak, Dr. Junaidi, menyampaikan bahwa Program yang dilakukan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian Unilak berupa Program Bank Sampah Berkelana di Minas ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kerjasama ini sangat baik sekali karena melibatkan Pemerintah Daerah, industri, Unilak, Perusahaan Daerah, dan yang paling penting dari masyarakatnya sendiri selama ini cukup berperan aktif hingga program ini terwujud. Inilah bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” sebut Junaidi.

Dalam kesempatan berikutnya, Manager Corporate Affair Asset PT. CPI, Wan Dedi Yudistira juga menyampaikan hal senada, bahwa pihaknya mendukung penuh program ini sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan dan masyarakat.

“Program pengelolaan bank sampah Berkelana di Minas ini merupakan salah satu program investasi sosial PT. CPI di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. Tentunya ini sebagai wujud tanggungjawab kami dalam ikut andil menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat, dan lebih penting lagi yakni mendukung peningkatan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Minas melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Berkelana ini,” ungkap Wan Dedi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Bank Sampah Berkelana dengan Mitra/Unit yang tersebar di beberapa Desa/Kampung di Minas, sekaligus penyerahan secara simbolis tabungan emas kepada nasabah. Sesi terakhir dilaksanakan pemotongan pita sebagai tanda peresmian operasional Bank Sampah Berkelana Kecamatan Minas

Giat ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan, Camat Minas Hendra Adi Nugraha, KUA Kecamatan Minas, Jajaran pimpinan PT.CPI, Rektorat Unilak, Tokoh beserta Masyarakat Kecamatan Minas, Tokoh Pemuda, dan Mahasiswa Universitas Lancang Kuning, serta puluhan Nasabah Bank Sampah Berkelana Kecamatan Minas. (wsc)

 16 total views,  1 views today