Digelar, Sosialisasi Pengisian SPT Tahunan Melalui e-Filling di Pemkab Inhu

0

RENGAT-Sebagai tujuan untuk mempermudah para wajib pajak dalam pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan dengan praktis, cepat serta mudah diakses dan diinput dimana saja, pelaksanaan Sosialisasi Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Electronic Filling (E-Filling) secara online yang diselenggarakan oleh Bagian Keuangan Setda Kab. Inhu, Rabu (18/03) di Gedung Gerbangsari Pematang Reba dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasubbag Anggaran Amsal, Kasubbag Perbendaharaan Ergusfian, S.Sos serta para Bendaharawan/ti Pengeluaran dan Gaji di lingkungan Setda Kab. Inhu. Dalam sosialisasi itu juga menghadirkan para narasumber dari Kantor Pajak Kab. Inhu yaitu Tatang Zailani dan Ismoyo Wisnu Baroto.

Dalam penjelasannya, Tatang menyampaikan bahwa E-Filling merupakan Penyampaian SPT Tahunan secara online. Sehingga nantinya dapat mempermudah kita sebagai wajib pajak dalam Pengisian SPT Tahunan secara praktis, cepat dan mudah, yang bisa diakses dan diinput dimana saja tanpa harus ke kantor pajak. Masih ditambahkannya, bahwa terdapat formulir 1770 S untuk penghasilan bruto diatas 60 juta dan 1770 SS untuk penghasilan bruto dibawah 60 juta.

Sebagai tahapan pertama dalam pengisian SPT tahunan tersebut, para wajib pajak harus memiliki e-FIN. E-FIN sendiri merupakan adalah Electronic Filling Identification Number yang berguna sebagai nomor identitas wajib pajak yang menggunakan pelaporan SPT tahunan melalui e-filling. Sedangkan cara pengajuan e-FIN sendiri adalah dengan mengajukan permohonan ke kantor pajak terdekat dengan menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Disampaikannya juga bahwa NPWP dan E – Fin itu berlaku untuk seumur hidup. Selanjutnya, disela-sela penjelasannya Tatang juga langsung mempraktekkan cara Pengisian SPT Tahunan secara online kepada seluruh peserta sosialisasi, dengan tujuan agar lebih mudah di mengerti oleh peserta sosialisasi. Tatang juga berpesan kepada seluruh peserta agar mendukung langkah nasional yaitu dengan E- Filling untuk kemudahan bersama dalam Pengisian SPT Tahunan.***

 18 total views,  1 views today