Digelar, Senam Pagi Bersama Bupati Inhu

0

INHU, AMIRARIAU.COM- Sebagai usaha demi mewujudkan pola hidup yang sehat. Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE bersama seluruh karyawan/i di lingkungan Pemda Kab. Inhu kembali melakukan senam bersama di halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu, Kamis (30/4). Dalam kegiatan yang sudah menjadi rutinitas disetiap kamis paginya, terasa lebih berbeda sebab kegiatan senam tersebut berbarengan dalam menyambut Hari Tuberkulosis se Dunia yang jatuh tepat pada hari ini.

Usai pelaksanaan senam, melalui tema ”Temukan Obati Sampai Sembuh” (TOSS) dalam kesempatan tersebut, dr. Amin selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Inhu menyampaikan sosialisasi singkat tentang Penyakit Tuber Kulosis (TB). Secara umum dirinya menjelaskan bahwa penyakit TB yang dulu dikenal dengan TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis).

Sebagian besar kuman TB menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ atau bagian tubuh lainnya misalnya tulang, kelenjar, kulit dan lain-lain. Tuberkulosis dapat meyerang siapa saja, terutama usia produktif dan anak-anak bahkan TB dapat menyebabkan kematian. Ditambahkannya, TB bukan penyakit turunan apalagi disebabkan oleh kutukan ataupun guna-guna.

Indonesia sendiri, katanya, merupakan salah satu Negara yang presentase penderita penyakit TB cukup tinggi. Bahkan menurut sebuah survey, Indonesia berada diperingkat ke empat dunia. Berangkat dari hal tersebut, dr. Amin mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama menerapkan pola hidup yang sehat guna menekan laju peningkatan penderita penyakit TB.

Dalam kegiatan senam bersama tersebut, Dinas Kesehatan Kab. Inhu juga memberikan pelayanan cek darah dan gula secara gratis serta ratusan souvenir yang berlogokan TOSS kepada seluruh peserta yang hadir, dengan maksud sebagai bentuk sosialisasi akan bahaya dari penyakit TB.***

 15 total views,  1 views today