Digelar, MTQ Pasir Penyu 10 Hari dan 10 Malam

0

INHU, AMIRARIAU.COM-Ratusan masyarakat dari 13 desa dan kelurahan di Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu (Indragiri Hulu), tampak sangat antusias memadati arena Astaka yang ada di Kelurahan Kembang Harum, yang dinobatkan sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 tingkat Kecamatan Pasir Penyu, Senin (20/4).

Kegiatan keagamaan itu dibuka secara resmi oleh Bupati yang diwakili Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Inhu, Drs. HM Sadar, yang dihadiri Kapolsek, Danramil, Kadis, Kaban, Kakan Kepala Desa dan Kelurahan, Dewan Hakim, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi-organisasi setempat serta para pimpinan erusahaan, BUMD, BUMN, pihak Swasta dan Pengusaha yang menjadi donatur untuk terselenggaranya kegiatan ini.

Kketua panitia pelaksana Sri Guntur, SP. MT. menjelaskan, tujuan diadakannya acara MTQ ke-46 di Pasir Penyu ini untuk menumbuh dan mengembangkan pemahaman isi Al-Quran serta untuk menyeleksi para kafilah yang akan diikutsertakan dalam lomba serupa tingkat Inhu nantinya.

Camat Pasir Penyu Syahruddin mengatakan, MTQ di Pasir Penyu ini akan diadakan selama 10 hari 10 malam, yang akan penuh dengan kegiatan, mulai dari pagi, siang dan malam hari dengan nuansa Islami.

Adapun cabang lomba yang akan diperlombakan meliputi golongan musabaqoh dan persayaratan umur yang terdiri dari Tartil Al Quran putra dan putri maksimal 10 tahun 11 bulan 29 hari. Golongan anak-anak putra dan putri umur maksimal 13 tahun 11 bulan 29 hari, golongan remaja 19 tahun 11 bulan 29 hari dan dewasa maksimal 40 tahun 11 bulan 29 hari.

Cabang lain yang diperlombakan adalah Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, rebana PDTA/MDA/SDI, rebana antar desa, cabang pembacaan Asmaul Husna antara PDTW/SMP/Mts/PDTU/SMA/MA/SMK,mewarnai antar TK dan PAUD, busana muslim, Tahfiz Juz’ama. (adv/dri)

 24 total views,  1 views today