Di Hari Kedua, Aparat Pemkab Inhu Tinjau UN

0

INHU, AMIRARIAU.COM-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun 2015 Tingkat SLTA/SMK saat ini telah menginjak hari yang kedua. Dalam rangka mengetahui kelancaran jalannya pelaksanaan Ujian Nasional di beberapa kecamatan, Wakil Bupati Inhu H. Harman Harmaini yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Staf Ahli bidang Pembangunan, Teguh Krisyanto dan Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Jasmadi Jus, SPd, Kepala Kantor Kemenag Kab. Inhu, H. Abd. Kadir, Sekretaris Dinas Pendidikan Inhu Winaldi, utusan dari Universitas Riau (UNRI) Mulyadi, serta beberapa pengawas dari Dinas Pendidikan Inhu ikut serta dalam pelaksanaan peninjauan ujian nasional, Selasa (14/4). Untuk hari kedua ini, Kecamatan Pasir Penyu dan Lirik menjadi kecamatan yang menjadi lokasi peninjauan.

Tiba di lokasi yang pertama yaitu SMK Teknologi YPL Lirik, rombongan tim dengan didampingi Camat Lirik Sarman, SH dan Kapolsek, meninjau langsung jalannya pelaksanaan ujian nasional. ”Pelaksanaan UN sejauh ini berjalan dengan tertib dan aman,keseluruhan peserta ujian dengan jumlah 220 siswa dapat hadir mengikuti ujian,” ujar Kepala Sekolah SMK Yusnizal. Berbeda dengan sekolah umum, untuk SMK sendiri pelaksanaan ujian akan berlangsung selama 4 hari sampai dengan hari kamis mendatang dengan dihari terakhir mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan jurusan masing-masing.

Selanjutnya, rombongan tim pemantau dan pengawas kembali melanjutkan kegiatan peninjauannya ke lokasi yang kedua yaitu SMAN 1 Pasir Penyu. Tiba dilokasi tersebut, rombongan tim disambut langsung oleh Camat Kecamatan Pasir Penyu Syahrudin bersama Kepala Sekolah SMAN 1 Pasir Penyu Drs. Afnizul. Tiba dilokasi, rombongan tim langsung meninjau pelaksanaan ujian nasional yang diikuti sebanyak 182 siswa yang terbagi dalam 10 ruangan kelas.

”Hari kedua ujian nasional hari ini secara umum berjalan dengan lancar, hanya ada satu siswa yang tidak dapat mengikuti pelaksanaan ujian dan nantinya akan diikut sertakan pada ujian susulan.” Sesuai jadwal, dihari kedua ini untuk tingkat SMA mata pelajaran yang diujikan yaitu Matematika dan pada jam kedua mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk dihari terakhir besok, mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Inggris dan mata pelajaran Biologi bagi siswa jurusan IPA dan Sosiologi bagi siswa jurusan IPS.

Masih di kecamatan yang sama, rombongan tim pemantau dan pengawas kembali melanjutkan peninjauannya ke Madrasah Aliyah Nurul Fallah Air Molek sebagai lokasi terakhir peninjauan pelaksanaan ujian nasional. Dihadapan tim pemantau, Kepala Sekolah H. Hasanudin Husein menyampaikan bahwa terkait kondisi kemanan soal-soal ujian, sampai saat ini dalam kondisi yang aman.

Sebab, soal-soal yang dibagikan kepada para siswa yang mengikuti ujian nasional intens dilakukan pengawasan oleh petugas dari Polsek Kecamatan Pasir Penyu. Nantinya lembar jawaban dari para siswa akan diserahkan ke pihak UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Pasir Penyu yang kemudian diteruskan pada Dinas Pendidikan Kab. Inhu. Ditambahkannya, total siswa yang mengikuti ujian nasional ini sebanyak 78 siswa yang dibagi dalam 5 ruang kelas.

Mulyadi mengungkapkan bahwa sejauh pantauan dirinya selama dua hari berada di Kab. Inhu secara umum pelaksanaan ujian nasional berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Dirinya berharap nantinya para siswa mampu mendapatkan hasil yang terbaik sehingga kedepan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Inhu Winaldi mengungkapkan bahwa pelaksanaan ujian nasional sejauh ini telah sesuai dengan apa yang direncanakan, baik terkait masalah kelengkapan dan keamanan soal dapat terjaga keabsahannya. “untuk keamanan soal-soal,sejak 13 hari sebelum pelaksanaan ujian nasional Dinas Pendidikan Inhu telah bekerja sama pihak kepolisian untuk menjaga keamanan soal-soal tersebut”. Jelas Winaldi.

Ditambahkannya, pihak UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan sendiri sampai saat ini telah bekerja sesuai dengan tata tertib yang sudah ditetapkan. Dirinya berharap kondisi ini dapat bertahan hingga nanti pelaksanaan ujian nasional ini berakhir dan kedepannya ia juga berharap siswa mampu mendapatkan hasil terbaik dari materi-materi yang telah diujikan dalam pelaksanaan ujian nasional ini. (hms/adv)

 18 total views,  1 views today