DBD Mulai Menyerang, Diskes Pekanbaru Lakukan Sejumlah Langkah Antisipatif

DBD Mulai Menyerang, Diskes Pekanbaru Lakukan Sejumlah Langkah Antisipatif

Pekanbaru, AmiraRiau.Com-Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat, pekan pertama bulan Januari 2019 terdapat dua warga yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbau Indra Pomi Nasution melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Gustiyanti mengatakan, jumlah penderita DBD itu sesuai laporan yang diterima pihaknya dari Puskesmas se-Pekanbaru. “Satu orang tercatat di Kecamatan Sukajadi, dan satu orang lagi di Payung Sekaki. Untuk kecamatan lain masih nihil,” ungkap Gustiyanti Selasa (8/1/2019).

Untuk meminimalisir meningkatnya penderita DBD pada tahun ini, Gustiyanti mengimbau warga menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. “Karena DBD ini disebabkan oleh lingkungan. Selagi masyarakat tidak mendukung, itu pasti tetap ada kasusnya,” sebut Gustuyanti, dilansir pekanbaru.go.id.

Di samping itu, terang Gustiyanti, pihaknya juga mulai aktif melakukan penyuluhan pemberantasan jentik nyamuk ke tengah-tengah masyarakat melalui kader jumantik. “Tidak hanya itu, jika terdapat kasus, kita juga langsung turun melakukan fogging (pengasapan). Sementara untuk penderita DBD, jika ringan kita ada obat di Puskesmas, dan juga bisa kita rawat,” tutur Gustiyanti. (e2)

Ilustrasi. (f: int)

Previous Melawan saat Ditangkap, Satu Perampok Toko Sembako di Bengkalis Ditembak
Next Sepekan 2019, 66 Hektare Hutan di Riau Terbakar Tapi Belum Ada Tersangka

About author