Dara Asal Indonesia Berhasil Tembus Pasar Internasional dengan Mengangkat Budaya Nusantara

0
205

Hongkong (amirariau.com) – Bermula dari hobi dan passion di bidang fashion design Rofingatunn Nisa mengepakkan sayapnya di bidang bisnis. Hal ini yang menjadi cikal bakal Rofingatun Nisa dalam berbisnis.

Kecintaannya terhadap budaya menjadi identitas dari produk fashion yang ia ciptakan. “Saya ingin mengangkat nilai-nilai kebudayaan bangsa kita, karena itu bisa dibilang salah satu bentuk kita berpartisipasi dalam membangun bangsa. Karena sebuah karya budaya nilainya lebih berharga jika dibandingkan dengan uang”, ungkap dara asal Cilacap ini kepada amirariau.

Beberapa hasil karya Rofingatun Nisa.

Menjadi pekerja di Hongkong, bukan halangan baginya untuk mengembangkan bisnisnya. Sejak awal Maret 2013, Rofi menjalani keseharian sebagai pekerja di Hongkong. Namun ia tidak bisa berdiam diri, ia selalu mendesain produk fashion unik yang memanfaatkan kain tenun sebagai identitasnya. Hal ini turut mendongkrak pengrajin kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia.

Melalui Komunitas Pokjar Mulia Mandiri, Rofi semakin kuat untuk mewujudkan mimpinya sebagai desainer. Salah satu program yang ia ikuti adalah Coding Mum dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesai yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. Dengan demikian ia mampu membuat website yang tepat guna untuk memasarkan produknya.

Salah satu produk Oemah Ethnic.

Pada 4 Januari 2019, didirikanlah Oemah Etnic yang memiliki produk fashion unik dengan kekhasan budaya nusantara. Hal ini menjadi nilai tersendiri di kalangan pecinta fashion.

Persaingan antar produsen fashion tetap ada, namun hal ini tidak membuat dara asal Cilacap ini gentar. Justru menjadi motivasi untuk berkarya dan meningkatkan mutu yang lebih baik lagi. Hingga saat ini, pemasaran produknya tidak hanya di Indonesia tetapi juga ke negara tetangga. Dan konsumen loyalnya adalah dari Hongkong.

Beberapa hasil karya Rofi juga berhasil mejeng pada Sandra Love Fashion Konde Kebaya 2019 The Show dalam peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2019 yang digelar di Sai Ying Pun Comunity Complek, Hongkong. Dan berhasil menjadi 10 besar dari seluruh kontestas yang mengikuti ajang tersebut.

http://www.oemahethnicofficial.com

Rencana ke depan setelah kontrak kerjanya di Hongkong Selesai, ia akan kembali ke Indonesia dan membuka Butik yang akan didirikan di Cilacap, Semarang, dan Yogyakarta. Sembari terus mengembangkan pemasaran tingkat internasional melalui website resminya www.oemahethnicofficial.com

Rofingatun Nisa, owner Oemah Ethnic (sebelah kanan).

Penulis : Zulfa Amira