Curah Hujan Tinggi, Pintu Bendungan PLTA di Buka. Masyarakat Harap Waspada

0
Ilustrasi - PLTA Koto Panjang

Bangkinang, AmiraRiau.Com – Tingginya curah hujan dan tingginya kenaikan air pada hulu waduk beberapa hari ini mengakibatkan kenaikan volume air pada bendungan PLTA Koto Panjang. Berdasarkan informasi dari manajer PLTA Koto Panjang, diperkirakan pada pukul 14.00 Wib nanti, pintu air bendungan PLTA akan dibuka. Diharapkan masyarakat di sekitar sungai Kampar pada hilir bendungan tetap waspada.

Penjabat Bupati Kampar, Syarial Abdi kepada awak media (03/02) mengungkapkan, bahwa berdasarkan informasi dari manajer PLTA Koto Panjang, bahwa ketinggian bendungan saat ini tgl 3 Maret 2017 pukul 08.00 adalah 80.48mdpl.

Ditambahkan Syarial, dengan mempertimbangkan kondisi hulu bendungan PLTA saat ini mengalami kenaikan air dengan intensitas curah hujan tinggi. Maka pihak PLTA akan melakukan pembukaan pintu air bendungan. Pembukaan pintu air ini direncanakan pada pukul 14.00 wib. Diperkirakan penambahan volume kenaikan air sisi hilir bendungan +-30 s/d 50 cm.

Pejabat Bupati juga mengatakan, bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah kita sampaikan, agar berhati – hati dan menyampaikan kondisi ini kepada masyarakat.

“Para Camat dan Kades diminta untuk bisa menyampaikan informasi ini kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat hilir waduk di sepanjang tepian sungai Kampar”, ungkap Syarial.

Selain itu juga Syarial menghimbau agar seluruh masyarakat hilir bendungan di sepanjang sungai Kampar untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati.

“Selamatkan barang-barang jika air nanti naik. Kerambah-kerambah ikan di sepanjang Sungai Kampar diharapkan dapat diperiksa agar bisa ditambat lebih kuat. Diharapkan kenaikan air nanti tidak menghanyutkan keramba-keramba petani ikan kita”, tambah Syarial sambil menutup keterangannya. (AP)