Coding Mum Pesantren Resmi Diluncurkan di Bekraf Festival 2019

0
82

Solo (AmiraRiau.com) – Setelah sukses dengan program coding mum yang diperuntukkan ibu ruamah tangga, pekerja migran, dan penyandang disabilitas, Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) resmi meluncurkan program Coding mum Pesantren dan Coding Mum Panti Asuhan guna mencetak SDM yang mampu menaikkan taraf ekonomi melalui pembuatan website.

Peluncuran program Coding Mum Pesantren digelar di ruang Workshop Loka Karya pada Bekraf Festival 2019 di Benteng Vastenburg Solo (04/10/2019). Acara ini dihadiri oleh Staf Deputi Riset Edukasi, dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Muhammad Amin, Prayudi Utomo selaku mentor dari Kolla, Ustadz Qomar selaku Pengasuh Pondok Pesantren Modern Assalam Solo, dan Aleex Novian dari Panti Asuhan Vincentius.

Pada talkshow yang digelar secara apik ini, turut menghadirkan alumni Coding Mum dari Hongkong yang tidak hanya sukses menaikkan taraf ekonomi kelarga tetapi juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Hal ini sejalan dengan tujuan Bekraf yaitu meningkatkan taraf ekonomi Indonesia melalui ekonomi keatif. Turut hadir alumni terbaik coding mum dari berbagi daerah seperti Jombang, Pekanbaru, Palu, Banjarbaru, Aceh, dan beberapa Pondok Pesantren Modern di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, juga menampilkan presentasi belajar siswa SMK Pondok Pesantren Modern Assalam Solo selama mengikuti pelatihan membuat website yang ditaja oleh Bekraf yang bekerja sama dengan Kolla. Dengan waktu belajar yang relatif singkat, anak bangss ini mampu membuat website dengan tampilan yang memukau dan diharapkan menjadi jembatan untuk mengembangkan potensi ekonomi di masa yang akan datang.

Seluruh peserta, alumni, dan mentor coding mum pada Gelaran Bekraf Festival 2019.

“Ini merupakan sebuah pelatihan yang sangat bermanfaat. Melalui pembelajaran membuat website, para santri dapat membuat website yang bermanfaat untuk orang banyak. Dan kami dari pesantren sangat mendukung dan memfasilitasi dengan koneksi internet di lingkungan pondok pesantren agar para santri bisa mengekspore lebih jauh lagi”, jelas Ustadz Qomar selaku Pengasuh pondok Pesantren Modern Assalam Solo.(Amira)