Catat Harinya! Gebyar Gernas BBI-BBWI dan Lancang Kuning Carnival Siap Menyala di Riau

Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) kembali dihelat di Provinsi Riau. Pada tahun 2024 ini, bakal digelar bersamaan dengan event Lancang Kuning Carnival di Kota Pekanbaru. 

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) kembali dihelat di Provinsi Riau. Pada tahun 2024 ini, bakal digelar bersamaan dengan event Lancang Kuning Carnival di Kota Pekanbaru.

Gernas BBI diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Kegiatan ini fokus mendorong optimalisasi belanja pemerintah untuk produk dalam negeri.

Pada tahun 2023-2024, Gernas BBI memperluas cakupan dengan penambahan Bangga Berwisata di Indonesia. Diluncurkan pada tanggal 13 Desember 2022 lalu.

BBWI merupakan program kolaboratif antara pemerintah, BUMN, asosiasi, dan swasta melalui penguatan kampanye, integrasi paket wisata. Kemudian, penyediaan aksesibilitas yang terjangkau dan penerapan aspek keberlanjutan.

Dipilihnya Riau sebagai tuan rumah penyelenggaraan event tersebut, lantaran provinsi berjuluk Negeri Lancang Kuning itu, memiliki peluang besar pada Industri UMKM dan pariwisata khasnya. Riau siap menjadi provinsi metropolitan yang menjadi sentra ekonomi di Pulau Sumatra. Tentunya mengutamakan produk lokal yang ada.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto, memastikan bahwa Provinsi Riau telah siap untuk melaksanakan Gebyar Gernas BBI BBWI, dan Lancang Kuning Carnival 2024. Ia mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan acara tersebut.

“Untuk Gebyar Gernas BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival, kita sudah melakukan persiapan. Termasuk juga ada dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, pemerintah pusat, pemda, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mendukung kesuksesan Gernas BBI BBWI 2024. Acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 Mei 2024,” kata Hariyanto, Rabu (24/4/2024).

Dikatakan dia, pekan lalu pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kementrian Perhubungan. SF Hariyanto juga meminta kepada stakeholder terkait agar bisa mendukung Gebyar BBI BBWI, dan Lancang Kuning Carnival.

“Kemenko Marves dan Kementerian Perhubungan siap mendukung acara ini. Kepada stakeholder dan masyarakat di Riau, kami mohon dukungannya. Semoga acara ini berjalan sukses,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata  Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyampaikan, realisasi transaksi yang tercatat selama pelaksanaan Gerakan Nasional BBI BBWI tahun 2023 sebesar lebih kurang 60 Miliar. Jumlah UMKM yang onboarding pada saat pelaksanaan kegiatan berjumlah 3.000 UMKM.

“Pada tahun 2024 ini, Dinas Pariwisata Provinsi Riau telah meluncurkan 127 event agenda wisata. Khusus Untuk mendukung Gerakan Nasional BBI dan BBWI, 57 event telah dipersiapkan matang. Dimulai dari bulan Januari hingga Juni dengan target perputaran uang Rp1,5 milyar (perjalanan wisata domestik),” ujarnya.

Dijelaskan, Lancang Kuning Carnival bakal menyajikan berbagai hiburan, yakni musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif atau ekraf. Pada carnival event menampilkan, pawai budaya, artware carnival, Riau Community carnival, Pesona Wastra Nusantara, Historical, Ultra Glam, dan Beyond Culture.

Kemudian, pada spesial event akan ada tari massal (10.000) peserta, Art performance, CFD event, mini stage event, dan fun market. Lalu, juga mengundang Gigi Band, Four Twenty, Virgoun, Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel. Berbagai lomba juga bakal ikut meramaikan acara ini, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Riau, M Taufiq OH mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan acara tersebut. Termasuk melakukan promosi produk-produk lokal serta memberikan dukungan pembinaan kepada pelaku usaha.

“Kita akan siapkan 150 booth untuk pelaku usaha UMKM lokal dan sejumlah instansi. Sehingga nantinya para peserta pameran bisa mempromosikan produk-produk unggulannya. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan kemajuan daerah secara keseluruhan,” tutur Taufik.

Sebagai informasi, BBI/BBWI 2024 Provinsi Riau akan diselenggarakan pada 3-5 Mei 2024. Lokasinya di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Jalan Cut Nyak dan Jalan Cut Mutia Pekanbaru. ***

Penulis: MCR, Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar