Bupati Yopi Arianto Irup Hardiknas di Rakit Kulim

0

INHU, AMIRARIAU.COM-Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bertindak sebagai inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2015 yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Rakit Kulim, Sabtu (2/5). Upacara Hardiknas ini diikuti seluruh guru dan pegawai negeri sipil dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Inhu.

Selain pelaksanaan upacara bendera, peringatan Hardiknas tahun 2015 juga diisi dengan kegiatan ramah tamah Bupati Inhu H Yopi Arianto SE dengan para guru, khususnya yang berasal dari Kecamatan Rakit Kulim serta penyerahan hadiah bagi guru dan siswa pemenang lomba dalam rangka Hardiknas Tahun 2015.

Pada kesempatan itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE juga meresmikan pemakaian gedung baru SMAN 2 Rakit Kulim dan Pasar Rakyat Singodirajo Kecamatan Rakit Kulim. Dua bangunan yang diresmikan Bupati Inhu tersebut dibangun dengan biaya yang bersumber dari APBD Inhu.

Kepala Dinas Pendidikan Inhu, H Ujang Sudrajat SP MSi saat acara ramah tamah mengungkapkan bahwa pembangunan bidang pendidikan bukan hanya sebagai program, tetapi harus menjadi sebuah gerakan bersama seperti tema Hardiknas tahun 2015. “Gerakan tersebut sudah dilakukan Bupati Inhu dengan cara turun langsung meninjau sejumlah sekolah dan sarana pendidikan hingga ke desa-desa terpencil,” ucapnya.

Dijelaskan Ujang Sudrajat, Pemkab Inhu sudah membuktikan komitmennya untuk memajukan bidang pendidikan, bahkan alokasi anggaran yang diperuntukkan bagi pembangunan di bidang pendidikan sejak tahun 2010 hingga 2015, rata-rata sudah melebihi 30 persen. “Alokasi anggaran untuk bidang pendidikan tersebut melebihi ketentuan undang-undang yang hanya 20 persen,” tuturnya.

Ujang Sudrajat berharap, moment peringatan Hardiknas tahun 2015 dapat menjadi motivasi bagi seluruh guru di Kabupaten Inhu untuk bersama-sama meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan sebagai upaya menuju Inhu cerdas dan Inhu sejahtera.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengungkapkan bahwa sejak tahun 2010, peringatan Hardiknas selalu dipusatkan di kecamatan secara bergantian setiap tahunnya. Langkah ini dilakukan agar pemerintah dapat melihat berbagai perkembangan dan kekurangan yang ada di tiap kecamatan, sekaligus upaya menampung aspirasi, khususnya dari para guru.

”Selain itu, dengan dilaksanakan di kecamatan, peringatan Hardiknas ini diharapkan ikut dirasakan oleh masyarakat secara luas, sekaligus upaya menjalin silaturahmi para guru dan pegawai negeri sipil lainnya,” ujarnya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa saat ini berbagai fasilitas dan sarana di bidang pendidikan sudah mulai terpenuhi. Karena itu, ia berharap kepada kepala sekolah dan guru dapat mengelola fasilitas dan sarana pendidikan tersebut dengan baik dan berupaya agar mampu meningkatan mutu dan kualitas SDM di Kabupaten Inhu. ”Selamat Hari Pendidikan Nasional, saya berharap para guru dan praktisi pendidikan bersama-sama memajukan pendidikan di Kabupaten Inhu,” tuturnya.***

 20 total views,  1 views today