Bupati Yopi Arianto Buka Musrenbang RKPD Tahun 2016

0

RENGAT, AMIRARIAU.COM-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto SE membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Inhu tahun 2016, Senin (23/3) di Aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Inhu. Musrenbang RKPD ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan musrenbang tingkat desa, kecamatan, Forum Konsultasi Publik dan Forum SKPD yang telah dilakukan sebelumnya.

Bappeda dan Litbang Kabupaten Inhu menargetkan, RKPD telah selesai disusun pada pertengahan April 2015 mendatang sehingga bisa dijadikan acuan bagi masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyusun program kerja. Ditargetkan pada Juni 2015, KUA-PPAS sudah dapat disampaikan ke DPRD Inhu.

Turut hadir pada Musrenbang RKPD tersebut, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini SH MM, Plt Sekda Inhu H Agus Rianto SH, Ketua DPRD Inhu Miswanto SE, Kepala Bappeda Riau yang diwakili Kabid Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Supiadi MT, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kepala badan, kepala dinas, camat, kepala desa, pimpinan perguruan tinggi, BUMD serta tokoh masyarakat.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Inhu Drs H Junaidi Rachmat Msi dalam eksposenya mengungkapkan bahwa arah kebijakan Kabupaten Inhu tahun 2016 mengacu pada periode III RPJPD 2016-2020 dengan memfokuskan pada pertanian yang diarahkan kepada komoditi ketahanan pangan dan agribisnis, mendorong kemajuan industri kecil dan menengah, peningkatan pemanfaatan sumberdaya air dan hutan, penyediaan infrastruktur untuk efisiensi penyaluran hasil-hasil pertanian serta peningkatan harmonisasi penduduk dalam menciptakan kesejahteraan yang lebih baik.

Sedangkan prioritas pembangunan Kabupaten Inhu tahun 2006 akan difokuskan pada pembangunan pertanian yang diarahkan pada peningkatan ketahanan pangan sebagai upaya mewujudkan kemandirian, peningkatan pendidikan difokuskan pada pengembangan kualitas pendidikan dasar dan lanjutan, peningkatan pelayanan kesehatan dan peningkatan sumberdaya manusia, percepatan penyediaan jaringan infrastruktur difokukaskan untuk pembangunan pertanian, akses arus barang/jasa serta daerah terpencil dan terisolir dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE berharap seluruh peserta Musrenbang dapat fokus melakukan pembahasan dan memberikan masukan agar perencanaan pembangunan pada tahun 2016 menjadi lebih baik untuk kepentingan masyarakat. Bupati juga berharap masing-masing SKPD dapat saling berkoordinasi dan mensingkronkan program pembangunan yang dilaksanakan sehingga benar-benar tepat sasaran.

“Kita berharap pada November 2016 mendatang, RAPBD Inhu tahun 2016 sudah dapat disahkan, sehingga Bupati baru bisa langsung melaksanakan program pembangunan yang sudah dirancang berdasarkan usulan dari bawah dan masukan berbagai pihak,” jelasnya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa Musrenbang RKPD ini merupakan akhir masa jabatannya bersama dengan Wakil Bupati H Harman Harmaini SH MM. Karena itu, Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh PNS di lingkungan Pemkab Inhu dan seluruh pihak yang telah melaksanakan pembangunan sehingga berbagai perubahan sudah dapat dirasakan dampaknya saat ini.***

 18 total views,  1 views today