Bupati Sukiman Minta PWI Bersinergi dengan Pemkab

Bupati Sukiman Minta PWI Bersinergi dengan Pemkab

BUPATI Rohul (Rokan Hulu) H. Sukiman meminta ke anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Rohul tetap bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, terutama dalam memajukan pembangunan daerah. Ia juga berharap, agar anggota PWI Kabupaten Rohul menjadi contoh dan teladan bagi jurnalis lainnya.

Bupati Sukiman mengatakan itu saat kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia PWI Rohul masa bakti 2018-2021, diketuai Engki Prima Putra ST, resmi dikukuhkan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang S.Sos, Senin (26/11/2018). Selain Bupati, juga hadir Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, unsur Forkompinda Rohul, Sekda Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, serta pejabat Forkompinda lainnya, termasuk Sekretaris PWI Rohul Amril Jambak, serta pengurus PWI Riau lainnya.

Juga hadir dikegiatan pengukuhan, para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, sejumlah pengurus PWI Riau dan kabupaten/ kota di Riau, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati , perwakilan perusahaan, partai politik, mahasiswa dan pelajar Rohul, serta seluruh mitra kerja PWI Rohul.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan Doni Kesuma Putra S.Sos mengatakan, bahwa pengukuhan pengurus sudah direncanakan sekitar enam bulan lalu, namun terlaksana.

“Kami berterima kasih ke Pemerintah Daerah dan mitra kerja PWI Rohul, atas dukungannya, hingga terlaksanakannya pelantikan ini,” sampai Doni, wartawan Harian Tribun Pekanbaru.

Usai dikukuhkan, Ketua PWI Kabupaten Rohul 2018-2021, Engki Prima Putra dalam pidatonya menyatakan, visi dan misi dari kepengurusan PWI Rohul yang baru dilantik adalah menjadikan wadah ini sebagai organisasi wartawan yang bermatabat dan santun.

Tegas Engki lagi, bahwa amanat dan beban diberikan ke dirinya sebagai Ketua PWI Rohul tentunya akan semakin berat ke depannya. Dirinya berharap kekompakan seluruh anggota PWI Rohul, serta dukungan dari PWI Riau, pemerintah daerah?, serta mitra kerja.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, serta seluruh mitra kerja yang telah mendukung program PWI Rohul selama,” katanya.

Kemudian Engki mengajukan ke Ketua PWI Riau agar nama Bupati Rohul Sukiman dimasukkan dalam kandidat penerima pena emas dari PWI pusat di Hari Pers Nasional tahun 2019, karena dinilai mampu bisa merangkul wartawan dari organisasi yang ada di Kabupaten Rohul.

Teken MoU

Saat pengukuhan, PWI Rohul langsung oleh Ketua PWI Rohul Engki Prima Putra, disaksikan Ketua PWI Riau, Bupati Rohul H Sukiman dan perjabat lainnya, dilaksanakan penandatangan MoU ekspos terkait destinasi pariwsata Rohul dengan kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Drs Yusmar.M.Si, juga penandatangan MoU dengan PT RSI terkait peternakan ikan lele pola dana bergulir dengan pihak PT RSI.

Dalam amanatnya, Ketua PWI Provinsi Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan, bahwa ada tiga organisasi wartawan yang telah diakui atau telah diverifikasi oleh Dewan Pers. Selain PWI, AJI dan IJTI juga telah terverifikasi. Zulmansyah juga berpesan ke pengurus PWI Rohul yang baru dikukuhkan agar melaksanakan amanah, sebab amanah merupakan merupakan sebuah kehormatan.

Dirinya berharap, anggota PWI Rohul mampu membina wartawan di Rohul sehingga tetap patuh terhadap Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Sambung Ketua PWI Riau, drinya juga sudah teken Pakta Interigitas Anti Hoax dengan Polda Riau. Menurutnya, menjelang Pemilu biasanya Hoax akan semakin marak, terutama di media sosial, sehingga PWI Rohul harus bisa memberikan pengertian kepada masyarakat luas.

Diakui Zulmansyah, belakangan menjadi wartawan semakin mudah, bahkan ada oknum sopir angkot yang mengaku wartawan.

“Namun saat ini tidak sembarangan jadi wartawan, karena harus berkompetensi, harus memiliki kartu yang bisa didapatkan dari Ujian Kompetensi Wartawan atau UKW,” kata Zulmansyah. “Bila oknum sopir angkot juga tidak bisa mengaku-mengaku sebagai wartawan. Kemudian harus dibuktikan dengan kartu kompetensi,” ucap Zulmansyah.

Di akhir kegiatan, Ketua PWI Rohul Engki Prima Putra didampingi Sekretaris PWI Rohul Amin Sukri S.Kom, berikan karikatur kepada Bupati Rohul Sukiman, serta kepada Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Kegiatan juga disambung dengan acara silaturrahmi Bupati Rohul, H Sukiman, bersama Sekda Rohul dan pejabat Forkimpinda, dengan Ketua PWI Rohul serta pengurus Provinsi, juga kabupaten/ kota se-Riau. Selain beramahtamah dan silaturrahmi, Bupati juga menjamu makan siang seluruh tamu di Pendopo rumah dinas Bupati Rohul, kemudian digelar hiburan orgen tunggal. (hrc/e2)

Previous Pria Ini Ditangkap Saat Jemput Sabu di Warung Rujak
Next KPK Periksa Pejabat PT PLN untuk Dalami Kasus Idrus Marham

About author