Bupati Siak Audiensi Dengan Komnas Anak

0
Audiensi Pemerintak Kabupaten Siak dengan Komnas Anak demi tercipta kota ramah anak.

Siak (AmiraRiau.com) – Dalam rangka menyelaraskan visi menjadikan Siak Kota Layak Anak, Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) melakukan audiensi dengan Bupati Siak Alfedri.

Alfedri menyambut hangat kedatangan Komnas PA tersebut didampingi Kepala DP3AP2KB Siak, Darussalim di kediaman dinas Bupati Siak, Kamis (17/6/2021).

“Audiensi ini kita lakukan dalam rangka penyampaian visi Komnas PA Siak secara umum dan langkah awal membangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak,” kata Hari Hasan.

Kepada Alfedri dan Darussalim, Hari Hasan menyampaikan akan memperbanyak penyuluhan sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Sasaran penyuluhan yang akan diberikan kepada para ibu-ibu.

“Sebab ibu adalah madrasah pertama bagi anak, yang harus kita edukasi agar dapat memberikan pendidikan yang baik di dalam rumah tangga kepada anak,” kata dia.

Selain itu, penyuluhan untuk pencegahan kekerasan terhadap anak juga dilaksanakan ke sekolah-sekolah yang ada di Siak. Pihaknya juga siap membela hak-hak anak.

Sementara itu Alfedri bersyukur dengan kehadiran Komnas PA Siak. Ia menilai program Komnas PA sesuai dengan keinginannya yang akan menjadikan Siak sebagai kabupaten layak anak.

“Kami sudah mempunyai aplikasi kabupaten Siak Layak Anak, aplikasi ini diluncurkan tahun lalu, namun pemanfaatannya sudah memudahkan,” kata dia.

Inovasi ini bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Siak meluncurkan inovasi berbasis IT bernama Aplikasi Siak Kabupaten Layak Anak.

Aplikasi ini dikontrol dari Command Center Siak Live Room. Aplikasi ini ditujukan sebagai bentuk dukungan bagi upaya pemenuhan hak anak.

Aplikasi ini juga terpadu dan berkelanjutan, awalnya diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak.

Hendrisan menyebut peluncuran aplikasi tersebut merupakan wujud keseriusan dan perhatian Pemerintah Kabupaten Siak dalam rangka percepatan mewujudkan Kabupaten Siak yang Layak Anak.

Ia menyampaikan pentingnya peran Pemerintah Daerah dalam mendorong keluarga-keluarga, masyarakat, dan media untuk semakin memahami tentang pemenuhan hak-hak bagi setiap anak di Kabupaten Siak.

“Menjadi teramat penting bagi Pemerintah Kabupaten dalam upaya mendorong setiap keluarga, masyarakat, serta media guna memahami pemenuhan hak-hak anak berupa pemenuhan kebutuhan standar anak,” kata dia.

Kebutuhan standar itu diantaranya kasih sayang orang tua, pendidikan yang layak dan memadai, serta kebutukan makanan bergizi.

Sedangkan yang tidak kalah penting ialah kondusifitas masing-masing keluarga serta lingkungan tempat tinggal.

Aplikasi Kabupaten Siak Layak Anak merupakan satu wadah/forum bagi Pemerintah Daerah bersama masyarakat untuk bersama-sama membangun kondusifitas, sarana dan prasarana yang memadai bagi tumbuh dan berkembangnya anak.

Ia juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam mensukseskan program Kabupaten Siak Layak Anak yang merupakan bagian dari upaya mensukseskan program nasional Indonesia Layak Anak (IDOLA) tahun 2030.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Siak Darussalim mengatakan capaian yang diperoleh Kabupaten Siak dalam penilaian Kabupaten Layak Anak terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Darussalim menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Siak.

Menurutnya hal tersebut menjadi pendorong dan motivasi bagi pihaknya bersama masyarakat dan media untuk semakin memahami akan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

“Harapan kita bersama tentunya agar kita melibatkan anak dalam pembangunan,dalam artian anak sebagai subyek bukan obyek.

Sebagai subyek artinya terwujudnya program pembangunan yang berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan dan hak bagi anak,” pungkasnya.***

 17 total views,  1 views today