Bupati Siak Alfedri: Bila Pandemi Covid-19 Berakhir, Tour the Siak Bisa Kembali Digelar

0

Siak Sri Indrapura, AmiraRiau.Com – Bupati Siak, Alfedri berharap Pandemi Covid-19 segera berakhir. Bila pandemi berakhir maka agenda besar Tour the Siak bisa dilaksanakan.

Pernyataan itu disampaikan Bupati saat menghadiri pengukuhan pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Siak periode 2021-2025, Minggu (10/10/2021) di Balairung Datuk Empat Suku, Komplek Perumahan Abdi Peraja.

Bupati Siak selaku penasehat ISSI kabupaten Siak mengatakan Tour de Siak ini terhenti penyebabnya wabah Covid-19 yang melanda dunia.

“Harapan kita Tour the Siak ini diperluas dan dirancang sampai ke Bengkalis. Bahkan sudah dianggarkan. Tapi karena pandemi Covid-19 membuat kegiatan itu tertunda. Mudah-mudahan kedepan pasca Covid-19 bisa kita laksanakan,” harapnya.

Melalui kesempatan itu Alfedri juga mengapresiasi anak Siak yang mewakili Riau di PON XX di Papua. Meraih prestasi 2 emas dari cabang anggar, satu perunggu cabang sepatu roda dan 1 emas dari cabang olah raga angkat besi.

“Mereka berprestasi di tingkat nasional. Kami ingin kedepan ISSI Siak juga memiliki atlet yang berprestasi, baik tingkat daerah bahkan di tingkat nasional,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi Riau, Syahrial meminta ISSI Siak yang baru dikukuhkan kedepan mampu mengirimkan atlet balap sepeda yang handal.

“Tidak beberapa lama lagi kita akan mengirim atlet pada Kejurnas. Karena kepengurusan sekarang kita tidak main tunjuk saja, namun kita seleksi atlet berprestasi,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah dilantiknya ISSI Siak yang baru kedepan bisa mencetak atlet perempuan. Karena di Riau khusus atlet balap sepeda perempuan tidak ada.

“Kami berharap Siak ini kedepan banyak talent scouting (pemandu bakat) untuk perempuan. Kemarin kami ke Rohil, kami mendapat laporan mereka merekrut anak peternak kambing yang tiap harinya mencari rumput, tapi bersepeda. Jadi mereka direkrut oleh ISSI untuk dijadikan atlet sepeda, mereka rata-rata berusia 15 tahun,” terangnya.

Ia juga meminta kepada ISSI Siak yang kini dinakhodai Jon Efendi, jangan banyak kegiatan seremonial, namun banyak berlatih. “Kegiatan kita tak usah banyak seremonial lagi, banyak kan aja dayung sepeda. Jadi kalau acara seperti ini, sudah cukup,” pintanya.

Pada kesempatan itu Ketua ISSI Riau menyerahkan uang sagu hatin kepada duta sepeda Salsa, Rahma dan Iskandar. (wsc)

 

 14 total views,  1 views today