Bupati: Jadikan HUT Kampar ke-71 Momentum Stategis Melakukan Kilas Balik Pembangunan

0
Foto bersama usai sidang Paripurna DPRD Kampar memperingati HUT Kampar ke-71.

Kampar (AmiraRiau.com) – BUPATI Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH mengatakan,  peringatan HUT Kampar semestinya bukan semata-mata peristiwa mengenang dan bergembira, namun lebih dari itu hendaklah dijadikan sebagai momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap pembangunan yang telah dilakukan.

“Karena kita akan terus bergerak memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat,” kata Bupati pemegang gelar adat  Datuk Rajo Batuah ini dalam sambutannya di sidang paripurna DPRD Kampar, Sabtu (6/2/2021). Sidang itu sendiri beragendakan memperingati HUT Kampar ke-71, yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST, didampingi Wakil Ketua Repol SAg, Fahmil serta Toni Hidayat.

Sebelumnya, Bupati Catur mengatakan tepat pada hari ini Kabupaten Kampar genap berusia 71 tahun, Dalam memperingati hari jadi Kampar yang kita lakukan setahun sekali ini, tentunya mempunyai makna yang cukup besar, bahwa kita tidak ingin melupakan sejarah. “Sesuai  tema Mari basamo mambolo nagoghi, dan ini sangat relevan, karena Kampar adalah sebuah daerah yang terus berbenah dan bergerak maju, ” ujarnya.

Di akhir pidatonya, mantan Wakil Bupati Kampar itu  memaparkan makna dari tema HUT Kampar tahun ini bahwa Basamo Mambolo Nagoghi, merupakan kelanjutan dari tema Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-70 tahun lalu yakni Tali Bapilin Tigo Menuju Masyarakat Kampar Sejahtera. “Pemerintah tidak mungkin jalan sendiri memajukan daerah ini, karena sejatinya pemerintah juga dilekati aneka kekurangan dan keterbatasan,” ungkapnya.

”Dengan berkesinambungan tema tersebut dan kondisi geografis daerah Kampar yang sangat luas, keberagaman masyarakatnya dan dengan adat istiadatnya, kedepan kita akan dihadapkan dengan tantangan pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang tidak ringan, akan tetapi dengan terus berbenah dan saling berkontribusi tantangan tersebut dapat kita atasi dan kita lewati di bawah satu payung panji ”Dimana bumi dipijak disitu Langit di junjung,” tutupnya.

Wagubri, Eddy Natar Nasution menyampaikan pidato saat Sidang Paripurna DPRD Kampar.

Sidang itu sendiri juga dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta Sekretaris Daerah Drs. Yusri M.Si dan unsure Forkopimda Kampar. Walaupun perayaan HUT Kampar tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun tetap berjalan dengan khidmat karena pada sidang paripurna kali ini hanya dihadiri oleh tokoh masyarakat tokoh adat dan anggota DPRD, sedangkan tamu yang lainnya mengikuti secara virtual.

Sementara Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution dalam sambutannya meminta kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) di Provinsi Riau, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan agenda-agenda pembangunan daerah. “Ini harus dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Wagubri.

Wagubri menyampaikan, tanpa kebersamaan tokoh masyarakat, pemuka masyarakat, ninik mamak, cerdik pandai, alim ulama, dunia usaha, kelompok profesional, generasi muda termasuk insan pers yang ada di Riau, tentu upaya yang dijalankan tidaklah akan berhasil dan bermanfaat secara maksimal.

Untuk itu, Wagubri juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk merapatkan barisan menyatukan tekad dalam semangat kerja sama dan persaudaraan demi mewujudkan kejayaan Kabupaten Kampar khususnya dan Provinsi Riau pada umumnya agar maju gemilang. “Mari kita rapatkan barisan demi mewujudkan kejayaan maju dan gemilang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Wagubti juga mengingatkan, seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Riau, pemerintah masih berjuang terus menghadapi pandemi. Meskipun telah berkurang sedikit untuk di Provinsi Riau karena ada kecenderungan tingkat penurunan, namun ia meminta pemerintah kabupaten/kota untuk terus waspada. “Menghadapi pandemi menuntut kebersamaan kita semua,” ujarnya, mengingatkan.

Wagubri berharap kepada kabupaten/kota tetap membantu pemerintah pusat dengan sosialisasi pencegahan pandemi wabah Covid-19 di masyarakat dan mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan memberantas wabah Covid-19 melalui pemberian vaksin gratis kepada seluruh lapisan masyarakat. “Upaya pemberian vaksin ini sebagai langkah strategis pemerintah dalam pemberantasan wabah pandemi Covid-19 saat ini dan juga menggerakan aktivitas ekonomi masyarakat secara normal,” katanya.

Sejalan dengan itu, Wagubri juga mengajak semua elemen masyarakat, terutama di Kabupaten Kampar, untuk tetap berdisiplin dalam menegakkan protocol kesehatan, dimaksudkan sebagai salah satu cara yang efektif untuk melawan pandemi. Dikatakan, dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan lainnya, diharapkan pandemi akan bisa diatasi lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Para Ninik Mamak juga turut hadir dalam Sidang Paripurna DPRD Kampar.

Berharap Perubahan

Sempena HUT Kampar tahun ini, berbagai harapan mengemuka dari sejumlah elemen masyarakat di daerah itu. Anggota DPRD Kampar dari Fraksi Gerindra Jama’an, S.Ag, misalnya, berharap di HUT Kampar ke-71 ada perubahan yang lebih baik, meski masih dalam masa pandemi Covid-19.  “Harapan saya adalah terjadinya perubahan yang lebih bagus, meskipun masa pandemi ini belum berakhir, tapi kita secara bersama mari memberikan perubahan untuk Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kampar ini juga mengajak semua elemen Pemerintah Kabupaten Kampar bersinergi membangun negeri sesuai yang disepakati bersama lembaga DPRD Kampar.  “Seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Kampar agar bisa bersinerginya membangun untuk membangun negeri kita ini sesuai dengan apa yang kita sepakati, InsyaAllah kabupaten kita maju dan masyarakatnya sejahtera,” ungkapnya.

Masih terkait peringatan HUT Kampar ke-71, pada Senin (8/2/2021), Bupati Kampar meninjau kegiatan donor darah sempena HUT Kampar Ke-71 tahun 2021. Kegiatan donor darah tersebut ditaja oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar pada Senin (8/2/2021).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Kampar didampingi Sekretaris Damkar dan Penyelamatan Yuriko, Kepala Dinas Kominfo Arizon serta Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi serta beberapa staf Damkar dan Petugas Donor Darah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Dalam arahannya Bupati Kampar menyampaikan Damkar harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam penanggulangan bencana Kebakaran maupun penyelamatan ketika dibutuhkan. Selain itu Catur Sugeng juga mengungkapkan hendaknya seluruh anggota Damkar agar segera dapat menyesuaikan apa yang menjadi Kewajiban dan Tupoksi Damkar dan Penyelamatan.

Catur Sugeng juga mengatakan Damkar yang telah menjadi satu kesatuan tersendiri agar menciptakan inovasi-inovasi serta berkreasi dari pengalaman-pengalaman yang dijalani petugas Damkar, itu semua untuk kemajuan Damkar dan menjawab tantangan tentang penyelamatan musibah yang melanda Kabupaten Kampar kedepannya.

Catur Sugeng juga mengungkapkan selama ini Damkar dalam menjawab keluhan masyarakat selalu mengalami kendala jarak tempuh dari tempat kejadian bencana dari posko Damkar. Untuk itu Bupati Kampar mengatakan tantangan ini harus kita jawab dengan bekerja dengan sungguh-sungguh. “Untuk menjawab kendala yang dihadapi Damkar, Saya mengajak seluruh Petugas Damkar untuk segera bekerja sungguh-sungguh, memiliki tekad yang kuat, penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik buat masyarakat,” ujarnya.

Di sisi lain Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan Selaku Kepala Daerah akan terus memikirkan dan mempertimbangkan kesejahteraan pasukan Damkar apabila Kinerja dan efektivitas Damkar terbukti dapat melayani dengan baik kebutuhan masyarakat.

Bupati Catur Sugeng juga mengatakan untuk mendukung kinerja dan pelayanan prima tugas Damkar tentu saja dibutuhkan sarana dan Prasarana, Dirinya berupaya untuk mengoptimalkan sarana prasarana untuk menunjang efektivitas dan efisiensi kerja Damkar dan Penyelamatan.

Usai memberikan pengarahan dalam kegiatan itu, Bupati Kampar menyerahkan sembako ke anggota damkar serta berkesempatan menyapa Pendonor darah serta petugas yang melayani Pendonor darah pada kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan- kegiatan positif ini sangat baik, setetes darah mungkin biasa namun bagi saudara- saudara kita yang lain mungkin sangat berharga. (adv/e2/dari berbagai sumber)