Bupati Alfedri: Vaksinasi Massal di Siak Bakal Menjangkau Semua Desa

0

Siak Sri Indrapura, AmiraRiau.Com – Setelah sukses melaksanakan vaksinasi massal di beberapa titik fasilitas publik, kini Pemerintah Kabupaten Siak mencanangkan vaksinasi massal di seluruh wilayah kecamatan hingga tingkat desa. Hal itu guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak.

Guna merealisasikan hal tersebut, Selasa (18/05/2021) pagi, Bupati Siak Alfedri memimpin rapat virtual persiapan pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Siak bersama seluruh camat dan Upika, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, di Ruang Bandar, Lt II Kantor Bupati Siak.

Dalam arahannya, Bupati Alfedri menerangkan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 harus segera dilaksanakan di seluruh kecamatan hingga ke tingkat desa. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus covid-19 pasca libur Idul Fitri.

“Saya berharap agar saudara Camat bekerjasama dengan Satgas Covid, serta Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan sedini mungkin pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sebagaimana kita maklumi pada masa liburan hari raya, walaupun secara masif telah kita himbau untuk selalu menetapkan protokol kesehatan, namun tentunya mobilitas warga sangat tinggi. Kita harapkan dengan segera melaksanakan vaksinasi massal dapat mencegah kemungkinan terjadinya lonjakan covid-19 pasca libur hari raya”, harapnya.

Alfedri juga mengharapkan koordinasi di tingkat desa guna memastikan target vaksinasi dapat tercapai.

“Agar menjadi perhatian bersama, kelompok penerima vaksin seperti para pemuka agama baik para ustadz, Da’i, pendeta, hingga masyarakat rentan seperti para lansia.Tentunya ini memerlukan koordinasi Kepala Desa/Lurah untuk memastikan tercapainya target vaksinasi massal hingga tingkat Desa, dalam waktu dekat, kita rencanakan di seluruh Puskesmas terdekat, masyarakat dapat melakukan vaksinasi massal di seluruh wilayah Kabupaten Siak”, tegasnya.

Di akhir arahannya, Alfedri mengharapkan peran serta seluruh komponen masyarakat untuk sadar akan bahaya covid-19 yang sewaktu waktu dapat merenggut nyawa, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak, covid-19 ini walaupun tidak terlihat namun dampaknya terlihat, bagaimana kita telah kehilangan nyawa banyak saudara-saudara kita yang mengidap covid-19 dan tak sanggup bertahan hingga meninggal. Untuk itu mari kita meningkatkan kerjasama dan terus menerapkan protokol kesehatan, mematuhi aturan, demi kesehatan diri dan keluarga kita semua,” pungkasnya.

Sebelumnya, vaksinasi massal diselenggarakan di Kantor Bupati Siak, Puskesmas Siak, Pasar Belantik Raya, Lapangan Pentas Siak Bermadah. (wsc)