Bupati Alfedri Ikuti Rakor Pengarahan Presiden Secara Virtual

0

Siak Sri Indrapura, AmiraRiau.Com – Bupati Siak, Alfedri mengikuti rapat koordinasi pengarahan Presiden Republik Indonesia, Senin (17/5/2021) secara virtual dari Gedung DPRD Siak. Turut mendampingi bupati unsur Forkopimda Siak, mulai dari Ketua DPRD, Kapolres, Kajari dan Dandim.

Rakor yang juga diikuti seluruh kepala daerah di Indonesia dibuka oleh laporan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Harapannya agar terbangun kekompakan dan sinergisitas dalam mengambil dan melaksanakan kebijakan di daerah. Termasuk saat penanganan pandemi Covid-19.

Mendagri menekankankan, hal – hal yang berulang-ulang telah disampaikan kepada seluruh kepala daerah dan Forkopimda. Terkait evaluasi dan update data situasi dan memberikan arahan bagi jajaran daerah. Baik untuk mengevaluasi PPKM sebelumnya dan membahas apa substansi PPKM di tahap berikutnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan pidato, mengucapkan selamat hari raya Idulfitri bagi umat muslim dan selamat memperingati hari kenaikan Isa Almasih bagi umat nasrani.

Kemudian, Jokowi memaparkan mengenai kondisi mudik lebaran yang mendapat perhatian khusus. Disebutkannya, ada 1,5 juta orang mudik selama 6 hingga 17 Mei. “Awal dulu saya sampaikan ada 33 persen (yang mudik). Kemudian, saya larang sehingga turun jadi 17 persen dan terus turun saat ada penyekatan sekitar 1,1 persen. Meski begitu, saya melihat masih banyak yang datang ke tempat wisata. Diharapkan, kasus aktif bisa turun lagi dimana pada Februari sebagai puncaknya jumlah kasus sebanyak 176 ribu tapi kini turun menjadi 90-an ribu. Ini yang terus kita tekan sehingga membutuhkan konsistensi. Hati-hati karena gelombang kedua dan ketiga sangat berbahaya, seperti halnya di negara-negara tetangga kita yang lockdown hingga Juni,” paparnya.

Usai mendengarkan arahan Presiden, Bupati Alfedri mengaku siap menjalankan kebijakan Pemerintah tersebut. Dia pun berkomitmen menekan kasus terkonfirmasi Covid-19 di daerah berjuluk Negeri Istana.

“Ayo sama-sama kita jalankan protokol kesehatan. Jangan lengah,” imbau Alfedri. (wsc)

 18 total views,  1 views today