Buka Musrenbang RKPD, Bupati Catur Berharap Forum itu Hasilkan Gagasan Solutif

0

Bangkinang, AmiraRiau.com-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2021 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar, di Balai Bupati Kampar berjalan lancar dan sukses, Selasa(30/3).

Musrenbang ini dibuka oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Kampar Drs. Syamsul Bahri, MSi. Pada kesempatan itu Bupati juga melaunching Satu Data Kabupaten Kampar.

Kegiatan Musrenbang ini dihadiri oleh peserta, baik secara offline maupun online diantaranya, Bappenas RI yang diwakili Direktur Regional I, Uke M. Hussein, S.Si, MPP, Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pemerintah Daerah Kemendagri RI Drs. Nyoto Suwignyo, MM, Anggota DPR Republik Indonesia Syahrul Aidi Maazat, Lc MA, Anggota DPD Republik Indonesia Edwin Pratama Putra, SH, Kepala Bappeda Propinsi Riau, Anggota DPRD Propinsi Riau Daerah Pemilihan Kabupaten Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal, ST dan anggota DPRD Kabupaten Kampar.

Selanjutnya juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar, Perguruan Tinggi, Perangkat Daerah Kabupaten Kampar, BUMN dan Perusahaan Besar Swasta, Para Camat se-Kabupaten Kampar, Delegasi Kecamatan, Pemuka Agama, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat Kabupaten Kampar, Asosiasi yang berada di Kabupaten Kampar, Organisasi Kemasyarakatan yang berada di Kabupaten Kampar.

Bupati Kampar pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa RKPD Kabupaten Kampar yang disusun saat ini merupakan dokumen perencanaan daerah tahun 2022, yang didasari oleh Arah Kebijakan Pembangunan Daerahpada Dokumen RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022 dengan memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional dan Prioritas Pembangunan Propinsi Riau.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan merupakan salah satu rangkaian proses perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif yang dalam pelaksanaannya dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

Untuk itu Bupati berpesan agar forum strategis ini dimanfaatkan secara maksimal, serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan.

Disampaikan Bupati bahwa hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD ini sangat berkaitan erat dengan RAPBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2022. Untuk itu diminta kepada pejabat yang terkait dalam penyusunan dokumen perencanaan, agar tetap konsisten dengan apa yang telah disepakati sehingga APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2022, dapat disusun dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur.

Oleh sebab itu Bupati Kampar mengajak seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Kampar, untuk selalu optimis dalam upaya menghadirkan kesejahteraan
masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan, mempersiapkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing, serta penerapan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan dalam melaksanakan pembangunan.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan, selaku Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 adalah untuk, Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Kampar dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Riau. Kemudian mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada musrenbang kecamatan. Seterusnya mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas kabupaten. Dan Menyepakati program dan kegiatan prioritas daerah.

Pada rapat pleno musrenbang, diisi dengan ekspose Menteri PPN/Kepala Bappenas, ekspose Menteri Dalam Negeri, ekspose Kepala Bappeda Provinsi Riau tentang Rancangan RKPD Provinsi Riau Tahun 2022, ekspose Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Kampar oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar, ekspose Kepala Bappeda Kabupaten Kampar tentang Kesepakatan Hasil Musrenbang RKPD di Kabupaten Kampar.

Keluaran dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2022, yang meliputi, Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 dan Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah.

Pada rapat pleno disampaikan materi Rancangan Arah Kebijakan Pembangunan Wilayah Tahun 2022 oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas RI Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, Ph.D yang diwakili Direktur Regional I Uke M. Hussein, S.Si, MPP.

Materi tentang Sinkronisasi Perencanaan Pusat dan Daerah oleh Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pemerintah Daerah Kemendagri RI Drs. Nyoto Suwignyo, MM.

Sementara itu Anggota DPR RI Syahrul Aidi saat menyampaikan materi banyak mengupas tentang pembangunan infrastruktur untuk peningkatan ekonomi. “Kami akan berupaya semaksimal mungkin menjadi jembatan Pemda ke Kementerian sehingga program Kementerian bisa dibawa ke daerah,” ujarnya.

Sementara itu Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, menyampaikan program-program apa yang telah dilakukannya tahun sebelumnya, diantaranya membantu pelaku UMKM. “Kami dipusat akan selalu berusaha secara konsisten untuk membangun daerah ini,” ujarnya.

Kemudian materi Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Riau tahun 2022 oleh Kabid Perekonomian dan SDA Bappedalitbamg Provinsi Riau. Ekspose pokok pokok pikiran DPRD Kabupaten Kampar oleh Muhammad Faisal, ST.

Terakhir materi Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kampar Dalam rancangan RKPD tahun 2022 oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si

Pada saat diskusi yang dipandu kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, MSi, banyak saran dan pendapat yang disampaikan peserta untuk kemajuan Kabupaten Kampar kedepan. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 dan Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah. (rls)