Buka FASI Siak, Alfedri: Bentuk Generasi Berkarakter Islami

0

Siak Sri Indrapura, AmiraRiau.Com -Bupati Siak Alfedri, membuka Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kabupaten Siak tahun 2021, Rabu (29/9/2021) di Balairung Datuk Empat Suku Komplek Perumahan Abdi Praja. Kegiatan mengusung tema “Bisa Juara Satu” (Bina Santri, Jujur, Arif, Ramah, Sabar dan Tulus) salah satu tujuannya untuk membentuk generasi yang berkarakter Islami.

FASI ditaja Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Siak, dilaksanakan mulai 29 September 2021 hingga 6 Oktober 2021. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari masing-masing utusan di 14 kecamatan se-Kabupaten Siak.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Siak menyambut baik atas dilaksanakannya Festival Anak Sholeh Indonesia Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2021. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter dan akhlak anak-anak Kabupaten Siak sesuai dengan ajaran Islam.

“Mudah-mudahan dengan FASI Kabupaten Siak tahun ini ada utusan dari Kabupaten Siak yang mengikuti FASI Tingkat Nasional di Palembang. Sasaran utama kita FASI, tetapi tujuannya adalah mewujudkan anak – anak yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sesuai dengan visi kita terwujudnya Kabupaten Siak yang amanah, sejahtera dan lestasi dalam lingkungan masyarakat yang agamis dan berbudaya melayu,” sebutnya.

Selanjutnya bupati juga mengharapkan kegiatan dan program yang sudah di persiapkan BKPRMI Kabupaten Siak, dapat terlaksana dengan baik sampai ke kecamatan – kecamatan dan bersinergi dengan pemerintah kampung, karena dari APBKam tersebut ada pembinaan kepemudaannya.

“Harapan kami nantinya remaja masjid yang dibawah koordinasi pembinaan BKPRMI kecamatan dan kabupaten disinergikan dengan pemerintah kampung, dan mudah – mudahan kedepan bisa disinergikan lagi dengan masjid ramah anak,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Siak, Ihsan Taufiq Ramli menyebutkan, pelaksanaan Festival Anak Sholeh Indonesia Tingkat Kabupaten Siak bertujuan untuk pengukuran kemampuan anak – anak dalam melatih dan mengembangkan bakat diri dalam upaya meningkatkan jiwa kompetitif sekaligus ajang silaturahmi.

“Untuk Wilayah Provinsi Riau, FASI yang diselenggarakan hari ini di Kabupaten Siak adalah kali pertama dilaksanakan di 12 kabupaten/kota, tentunya dengan dukungan pemerintah dan azam yang kuat, harapan kita anak – anak yang meraih prestasi nantinya dapat mewakili Provinsi Riau untuk mengikuti FASI tingkat Nasional di Palembang,” ucapnya.

Adapun jenis bidang yang dilombakan meliputi untuk tingkat TKA adalah Tartil Alquran, Adzan dan Iqamah, Nasyid Islami, Peragaan Shalat, Mewarnai Gambar, dan Ceramah Agama. Untuk tingkat TPA yaitu Tartil Alquran, Adzan dan Iqamah, Nasyid Islami, Menggambar, dan Ceramah Agama, sedangkan untuk Tingkat TQA yakni Tilawah Alquran, Tahfidz Juz Amma, Kisah Islami, Kaligrafi, dan Ceramah Agama.

“Alhamdulillah antusias Pemerintah Kecamatan dan juga DPK BKPRMI di 14 Kecamatan se – Kabupaten Siak dibuktikan dengan mengirimkan jumlah peserta yang akan mengikuti lomba, semuanya terisi di masing – masing cabang. Semoga pelaksanaan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tentunya tetap mentaati aturan Gugus Tugas Covid – 19 selama kegiatan ini berlangsung” pungkasnya. (wsc)

 7 total views,  1 views today