BPBD Pekanbaru Bakal Bentuk MPA Bertuah di Tiap Kelurahan

Asisten I Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi saat mengukuhkan MPA Bertuah Kelurahan Bandara, Kecamatan Payung Sekaki. (dok BPBD Pekanbaru)

PEKANBARU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, bakal membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) Bertuah di tiap-tiap kelurahan.

Saat ini, MPA Bertuah baru terbentuk di Kelurahan Bandaraya, Kecamatan Payung Sekaki.

Beranggotakan 10 orang relawan, MPA Bertuah Kelurahan Bandaraya tersebut dikukuhkan secara resmi oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Masykur Tarmizi, Rabu (13/9/2023).

“Ke depan, kami minta juga direkrut di kelurahan lain yang berpotensi terjadi kebakaran lahan,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Kamis (14/9/2023).

Disampaikannya, MPA Bertuah di Bandaraya memang sangat diperlukan lantaran kelurahan itu rawan terjadi kebakaran lahan karena masih banyak terdapat lahan gambut.

“Di Kelurahan Bandaraya itu ibaratnya gambutnya masih banyak, sehingga perlu kita kawal secara dini,” ujarnya.

Dengan adanya MPA Bertuah di tiap-tiap kelurahan, lanjut Zarman, mereka akan menjadi garda terdepan BPBD dalam melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Ke depan untuk jangka panjang, makanya kita akan bentuk lagi di kelurahan lain yang mana nantinya bisa kami berdayakan dalam hal menanggulagi kebakaran lahan,” tutupnya. (abd)

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar