BK DPRD Riau: 6 Kali Berturut-turut Tak Hadir di Paripurna akan Dipecat

Pekanbaru, AmiraRiau.Com-Meski pemilu serentak tinggal menghitung hari, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau, Ilyas HU mengingatkan agar anggota DPRD Riau tetap disiplin bekerja untuk rakyat.

Politisi Nasdem ini mengatakan, setiap anggota dewan yang absen enam kali berturut-turut akan dipecat. Ia pun mengakui, saat ini sudah ada surat edaran ke fraksi mengenai hal tersebut.

“Kita kembali ingatkan, bagi yang enam kali berturut-turut tidak datang paripurna akan dipecat sebagai anggota dewan. Jika tiga kali akan disurati secara tegas, saat ini juga sudah ada surat edarannya ke fraksi,” tegas Ilyas HU kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (4/1/2019).

Ia menambahkan, BK akan terus mengawasi kehadiran dan kedisiplinan anggota dewan. Pasalnya, di tahun politik saat ini, sebagian dewan ada yang kembali mencalonkan diri dan kampanye, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu tugas pokoknya sebagai wakil rakyat.

“Kita mengacu ke undang-undang. Sekali sebulan kita cek daftar hadir paripurna, BK juga akan menelusuri kedisiplinan anggota. Yang kurang disiplin kita ingatkan sesuai peraturan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ilyas menjelaskan teknis di paripurna adalah 50 persen plus satu dari jumlah anggota dewan, dan jika paripurna pengambilan keputusan adalah 2/3 dari jumlah anggota dewan.

“Kita tak bosan-bosan mengingatkan agar para anggota dewan tidak lupa bekerja ditengah tahun politik ini,” tutupnya. (e2)

Ilyas HU. (f: int)

Previous Alasan Menteri Jonan Tak Naikkan Tarif Listrik
Next Cegah Kebakaran Hutan, Ilmuwan ''Dengarkan'' Suara Hutan

About author