Bespusat di Bandara Japura, Sekolah Penerbang Riau segera Dibuka

0

INHU, AMIRARIAU.COM-Tahun 2015 ini Provinsi Riau akan memiliki sekolah penerbang bertempat di Bandara Japura, Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu (Indragiri Hulu). Direncanakan, pekan depan Menteri Perhubungan RI Ignatius Jonan akan meresmikan dan hadir di Bandara Japura-Rengat.

Demikian disampaikan Kepala Bandara Japura Rengat, Ferdinand Victory Panggabean dalam pemaparannya saat berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan training Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia (STPI) di Japura, Jumat (6/3).

Pantauan Riautrust.com, Rakor yang dilaksanakan di VIP Room Bandara Japura Rengat, Jumat (6/3) dihadiri, pihak BTPN, ATC, STPI beserta siswa penerbang, Air Nav Indonesia dan Komandan Skuadron Lanud Roesmin Noeryadin Pekanbaru Kolonel Penerbang Dadang Setiawan. Selain itu terlihat hadir Muspida Inhu diantaranya, Dinas Perhubungan Inhu, Kapolsek Lirik, Danramil Pasir Penyu dan tokoh masyarakkat serta undangan lainnya.

Kepala Bandara Japura Rengat Ferdinand Victory Panggabean mengatakan, direncanakan pekan depan Sekolah Penerbang Provinsi Riau di Bandara Japura Rengat akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI Bapak Ignatius Jonan. ”Bapak Menteri Perhubungan RI akan hadir pekan depan untuk meresmikan Sekolah Penerbang di Bandara Japura Rengat,” ungkap Ferdinand.

”Rakor yang kita laksanakan ini dalam rangka membicarakan rencana pelaksanaan pelatihan STPI di Bandara Japura, kita mengundang tokoh masyarakat dan Muspida Inhu, BTPN serta STPI untuk membicarakan terkait pelaksanaan pelatihan,” ujarnya lagi.¬† Pada kesempatan itu Ferdinand menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan pihak STPI, ini merupakan suatu kebanggaan bagi Bandara Japura.

Kami percaya kehadiran STPI sangat didukung oleh masyarakat sehingga dapat menempa putra/putri Riau menjadi penerbang yang berkompeten di dunia jasa penerbangan di tanah air.

Sementara itu, Direktur Navigasi diwakili Indra Gunawan mengatakan, Air Nav di bawah Kementerian Perhubungan hadir di Bandara Japura ini tentunya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti ATC, TNI AU khususnya dalam keselamatan penerbangan dalam pelatihan penerbangan di wilayah udara Bandara Japura Rengat.

Untuk diketahui, seperti disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau Adizar, Sekolah Penerbang di Riau yang berlokasi dan mengoptimalkan keberadaan bandara Japura Rengat ini, dalam waktu dekat akan segera dimulai. Saat ini sedang dipersiapkan sesuatu hal dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penerimaan siswa.

Salah satu alasan memilih Bandara Japura di Rengat menurutnya, karena melihat potensi bandara yang sudah ada, namun pemanfaatannya kurang optimal. Sehingga ketika usulan menyiapkan sebagai tempat pendidikan penerbangan disambut pusat, realisasinya pun digesa pemerintah.

”Dengan infrastruktur yang ada dan penerbangan yang masih kurang optimal, maka Bandara Japura disiapkan sebagai tempat sekolah penerbang di Riau,” ujar Adizar.

Sekolah Penerbang  di Japura ini nantinya bisa menampung putra-putri Riau tamatan SMA/ sederajat. Mengenai waktu pendaftaran dan persyaratan lainnya serta tenaga pendidik dan lain, Dishub Riau sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kemenhub RI.***

 20 total views,  1 views today