Besok, DPD dan DPC PDI-P se Riau Buka Pendaftaran Kepala Daerah dan Wakil

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Kaderismanto.

PEKANBARU, AmiraRiau.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) se Provinsi Riau, Kamis (25/4/2024),  akan membuka pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak November 2024.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Kaderismanto, menyampaikan, hal ini tentu memperhatikan momentum Pilkada serentak, baik itu pemilihan Gubernur Riau (Pilgub) serta wakil dan pemilihan bupati atau walikota serta wakil.

“Dalam hal ini, PDI Perjuangan akan menyiapkan beberapa opsi, mulai dari calon-calon yang siap tarung hingga pada koalisi partai pengusung yang tentu searah untuk memperbesar kesamaan dan memperkecil perbedaan,” kata Kaderismanto, yang merupakan Caleg DPRD Riau terpilih dari Dapil Bengkalis, Meranti dan Dumai, Rabu (24/4/2024).

Menurut Kaderismanto, PDI Perjuangan tentu memberikan prioritas kepada kader partai yang berkeinginan maju dengan tidak menutup ruang kepada calon dari luar partai, baik itu untuk kepala daerah maupun wakil kepala daerah.

“Namun demikian khusus untuk kabupaten yang perolehan suara Pileg di atas 20% dan kepala daerahnya adalah petahana seperti Kabupaten Pelalawan (33%) dan
Bengkalis (22%), PDI Perjuangan tidak membuka penjaringan,” tegas Kaderismanto.

“Kepala daerah pada dua kabupaten tersebut adalah petahana bupati yang merupakan  kader-kader terbaik partai,” sambung Kaderismanto.

Namun begitu, ujar Kaderismanto, PDI Perjuangan tetap membuka pendaftaran untuk menjaring calon wakil kepala daerah mulai dari internal, external hingga tokoh masyarakat
yang berniat maju mendampingi petahana.

Di daerah yang perolehan suara dibawah 20% namun sebagai pemenang Pileg, jika ada kader yang berniat maju prioritasnya ada kepala daerahnya seperti Rohul dan Meranti, akan tetapi di daerah yang dibawah 20% dan bukan pemenang Pileg tentu menyesuaikan dengan kemampuan kader-kader partai.

“Karena itu, di 8 kabupaten dan kota lainnya kami membuka pendaftaran untuk menjaring baik dari internal maupun dari external,” kata Kaderismanto.***

Penulis: Yadi, Editor: Isman Iriadi

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar