Belum Tersentuh Listrik PLN, 13 Desa di Meranti Masih Gelap Kala Malam

SELATPANJANG, RAMIRARIAU.COM-Sebanyak 13 dari 101 desa dan kelurahan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, masih terasa gelap saat malam tiba. Pasalnya, 13 ke-desa itu sama sekali belum tersentuh program listrik baik dari PLN maupun pemerintah.

Hal itu diakui Kabid Energi dan Ketenagalistrikan Distamben Kabupaten Kepulauan Meranti, Mufrizal, ketika ditemui di kantornya, Senin (22/2/2016). ”Sampai saat ini masih ada sekitar 13 desa yang belum ada listrik sama sekali,” ujar Mufrizal.

Dijelaskan Mufrizal, ke-13 desa itu tersebar di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kecamatan Tasikputri Puyu, dan Kecamatan Merbau.

Mufrizal juga mengaku, untuk tahun ini mereka tidak ada anggaran pemasangan jaringan baru maupun pengadaan mesin. Tahun ini hanya ada anggaran untuk overhaul dua unit mesin yang saat ini diperbantukan di PLN Rayon Selatpanjang.

Kata Mufrizal juga, kalau memang memungkinkan, bisa saja nanti dianggarkan dalam APBD perubahan (untuk listrik di 13 desa tersebut, red). Hanya saja, pekerjaan itu harus bisa dituntaskan sebelum Bulan Oktober 2016. Sebab, Oktober nanti, semua kewenangan sudah ditarik ke provinsi.

”Ya kalau memang dikerjakan sebelum bulan Oktober. Selepas itu sudah menjadi kewenangan provinsi, bukan kabupaten lagi,” ujar Mufrizal juga, sebagaimana dilansir GoRiau.com. (ee)

Ilustrasi. (f: grc)

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar