Banjir Genangi Inhu, 4.384 Rumah Terendam

Banjir Genangi Inhu, 4.384 Rumah Terendam

Rengat, AmiraRiau.Com-Guyuran hujan sejak beberapa hari mengakibatkan banjir di sejumlah desa di daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. BPBD Riau mencatat, ada 4.384 rumah warga yang terdampak banjir itu, namun belum ada warga yang mengungsi.

Meski demikian, satu gedung sekolah menengah pertama juga tergenang air namun aktivitas belajar mengajar masih berjalan.

Demikian disampaikan Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger saat dikonfirmasi Rabu (7/11). Dia mengatakan, sebagian besar rumah warga berbentuk panggung dan masih bisa dihuni.

”Sehingga belum ada warga terdampak banjir yang mengungsi dari rumah mereka. Namun petugas kita menyiagakan peralatan pengungsian berupa tenda jika tiba-tiba warga membutuhkannya,” ujar Edwar kepada merdeka.com.

Edwar menyebutkan, banji tersebut berasal dari sungai kuantan yang meluap serta banjir kiriman dari hulu, Kuantan Singingi dan Sumatera Barat. Ketinggian air mencapai 6,5 meter, dan bisa berkurang karena sebagian wilayah berada di Daerah Aliran Sungai (DAS).

”Ada 44 desa di 11 kecamatan yang terdampak banjir, juga 1 sekolah SMP dan Pos Kesehatan ikut terdampak banjir. Total rumah yang terdampak banjir mencapai 4.384 unit,” kata Edwar.

Adapun kecamatan yang terdampak bencana banjir itu antara lain, Kecamatan Pasir Penyu, Rengat, Kuala Cenaku, Rengat Barat, Lirik, Lubuk Batu Jaya, Peranap, Rakit Kulim, Batang Peranap, Kelayang, serta Sei Lala. Meski demikian, aktivitas belajar dan mengajar di sekolah yang terdampak banjir masih normal seperti biasanya. (e2)

(sumber foto: merdeka.com)

Previous Waduh, Usai Pesta Miyabi diciduk Imigrasi Bali
Next Basarnas Perpanjang Proses Evakuasi Korban Lion Air Tiga Hari

About author